Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Mebel Jatim Kekurangan Bahan Baku Rotan

Industri mebel berbahan dasar rotan di Jawa Timur sedang terkendala bahan baku rotan yang mengalami kenaikan harga rerata 10%-20% dibandingkan harga tahun lalu.

Bisnis.com, SURABAYA - Industri mebel berbahan dasar rotan di Jawa Timur sedang terkendala bahan baku rotan yang mengalami kenaikan harga rerata 10%-20% dibandingkan harga tahun lalu.

Nur Cahyudi, Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jatim, mengatakan memang selama ini sistem distribusi rotan masih belum terbangun dengan baik karena sentra produksi tanaman rotan di Indonesia tidak terintegrasi dengan pusat produksi mebel.

“Mayoritas penghasil rotan itu ada di Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera tapi industri mebel rotannya kebanyakan di Jawa. Hal itu juga cukup membuat harga bahan baku rotan itu naik,” katanya, Senin (29/4/2019).

Dia mengatakan saat ini para pencari rotan pun juga sudah berkurang dan banyak yang beralih menjadi buruh tambang atau perkebunan sawit. Jika pun ada yang mulai budidaya rotan, tetapi menurutnya budidaya tersebut untuk rotan jenis tertentu.

“Jadi sekarang cari rotan itu susah, padahal rotan masih sangat dibutuhkan industri mebel, dan belum bisa meninggalkan bahan baku ini,” imbuhnya.

Nur menambahkan, akibat kenaikan harga tersebut, pengusaha mebel Jatim terpaksa harus sedikit menaikkan harga serta mengurangi margin agar konsumen tidak lari. Menurutnya, meski ada kenaikan harga produk mebel rotan tetapi serapan rotan hingga kini masih relatif stabil.

“Selain kendala bahan baku rotan, sebenarnya industri mebel kita saat ini juga masih terkendala masalah persaingan dengan produk furnitur impor dari China,” imbuhnya.

Adapun HIMKI mencatat, industri mebel di Jatim pada tahun lalu mengalami pertumbuhan yang tipis sekitar 1,8% dibandingkan 2017. Tahun ini, industri mebel Jatim tetap optimistis bisa mencapai pertumbuhan setidaknya tembus 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper