Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bea Cukai Resmikan Kantor Baru di Jember

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi meresmikan gedung Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai di Jember.
Ilustrasi Bea Cukai/Dok. Bea Cukai
Ilustrasi Bea Cukai/Dok. Bea Cukai

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi meresmikan gedung Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai di Jember.

Heru menyatakan bahwa meskipun gedung KPPBC Jember baru saja diresmikan namun kegiatan pengawasan dan pelayanan Bea Cukai di Jember telah dilaksanakan sejak lama dan memiliki wilayah pengawasan di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo. 

“Terbukti hingga November 2018, Bea Cukai Jember telah berhasil melakukan penindakan sebanyak 32 kali yang terdiri dari penindakan di bidang cukai sebanyak 27 kali, dan tegahan barang kiriman pos sebanyak 5 kali, naik 18.5 persen dari penindakan tahun 2017” kata Heru, Jumat (23/11/2018).

Heru menjelaskan bahwa modus pelanggaran yang berhasil diungkap petugas Bea Cukai antara lain penjualan rokok tanpa dilekati pita cukai, pengangkutan rokok yang tidak dilekati pita cukai, serta penjualan tanpa adanya nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC) yang merupakan identitas yang wajib dimiliki pengusaha dalam melakukan kegiatan yang berkenaan dengan cukai.

Dalam kesempatan yang sama, Bea Cukai Jember juga menunjukkan komitmen yang kuat dalam melakukan pengawasan dengan melakukan pemusnahan barang hasil penindakan.

Barang hasil penindakan yang dimusnahkan berupa 1,4 juta batang rokok ilegal senilai Rp959,1 juta dan 1.572 item barang tegahan pos lalu bea yang terdiri dari sex toys, kosmetik dan obat-obatan senilai Rp124,5 juta. 

 “Hal ini dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas kami sebagai aparat pemerintah kepada masyarakat dalam melakukan penindakan. Agar nilai guna barang tersebut hilang maka kami musnahkan agar nantinya tidak disalahgunakan,” imbuhnya.

Penindakan yang telah dilakukan oleh Bea Cukai Jember turut menambah daftar panjang penindakan secara nasional oleh Bea Cukai. Hingga November 2018, Bea Cukai telah melakukan 15.752 penindakan dengan nilai barang hasil penindakan mencapai Rp11.283 miliar yang didominasi oleh penindakan rokok ilegal yang mencapai 4.997 kasus.

Ditjen Bea Cukai mengharapkan dengan diresmikannya gedung Kantor Bea Cukai Jember dapat meningkatkan semangat dan integritas petugas dalam melakukan pengawasan dan pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa.

Heru menekankan bahwa integritas merupakan poin penting yang harus terus dijaga, hal ini sejalan dengan survei penilaian integritas tahun 2017 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di mana pencapaian Bea Cukai pada survei tersebut berada di peringkat tiga dari 36 Kementerian/Lembaga dan Pemerintahan Daerah yang disurvei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler