Surabaya Bakal Jadi Tuan Rumah 'Startup Nations Summit'

Kota Surabaya bakal menjadi tuan rumah gelaran internasional Startup Nations Summit (SMS) 2018 yang akan menghadirkan para industri kreatif berbagai negara.
Peni Widarti | 23 Agustus 2018 21:59 WIB

Bisnis.com, SURABAYA – Kota Surabaya bakal menjadi tuan rumah gelaran internasional Startup Nations Summit (SMS) 2018 yang akan menghadirkan para industri kreatif berbagai negara.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan Startup Nations Summit akan dihadiri 170 delegasi dengan berkolaborasi dengan empat event lain, seperti Inno Creativitation, Bekraf Festival, Kamadjaja Logistics Hackathon Day, dan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan pada 18 November.

“Kami ingin Surabaya ini sadar bahwa kita memasuki era baru, di mana enterpreneurship dan startup itu mulai membangunkan semua,” katanya dalam rilis, Kamis (23/8/2018).

Dia mengatakan gelaran SNS kali ini merupakan kegiatan ke 7, setelah sebelumnya digelar di Kota Tallinn, Ibu Kota Estonia. Dalam gelaran tersebut, katanya, pihaknya menggandeng rektor, guru serta ahli akademisi agar turut menggugah semangat para entrepreneur muda Surabaya.

“Entrepreneur adalah sebuah pilihan tepat. Sebab, tantangan anak muda pada 2040 adalah bagaimana bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, bukan mencari kerja,” katanya.

Dia menambahkan, acara yang bakal digelar di Grand City Mall pada 16-17 November 2018 tersebut akan menjadi agenda digital kreatif yang membuat Kota Surabaya sebagai kota kreatif pertama di Indonesia.

“Saya ingin memajukan dunia startup Surabaya dan membawa kota ini semakin berjajar dengan kota-kota besar di bidang startup di dunia,” imbuhnya.

Presiden Global Entrepreneurship Network (GEN) Jonathan Ortmans menambahkan, dalam forum tersebut tidak hanya membahas sebuah selebrasi atau membicarakan kisah sukses entrepreneurship, tetapi juga mendiskusikan hambatan-hambatan yang dialami oleh masing-masing startup.

“Jadi kita akan ada share knowledge (berbagi pengetahuan) tentang kelebihan dan juga kekurangan dari setiap proses (startup). Dan itu bisa dilihat dalam Hackathon atau juga program pithcing dalam SNS 2018,” ujarnya.

Tag : pariwisata, surabaya
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top