Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surabaya Jadi 'Pilot Project' Cetak Akta Kelahiran Daring

Pemerintah Kota Surabaya akan menerapkan layanan cetak akta kelahiran sendiri secara online pada Agustus atau September mendatang.
Akta kelahiran./gkj.or.id
Akta kelahiran./gkj.or.id

 Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya akan menerapkan layanan cetak akta kelahiran sendiri secara online pada Agustus atau September mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan penerapan layanan tersebut sesuai dengan peraturan dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 tentang percepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran.

“Proyek pengurusan surat akta kelahiran secara online akan diterapkan di seluruh kabupaten/kota dan Surabaya dipercaya sebagai pilot project untuk mengaplikasikan proyek tersebut,” katanya, Selasa (31/7/2018).

Dia menjelaskan dalam proses pencetakan surat akta kelahiran secara online, warga harus lebih dulu mendapat surat keterangan kelahiran dari rumah sakit, dokter atau bidan persalinan. Setelah itu orang tua diminta menyiapkan fotocopy akta nikah, fotocopy KTP dan fotocopy Kartu Keluarga.

"Semua berkas tersebut di scan lalu filenya di-upload melalui aplikasi web http://dukcapil.kemendagri.go.id,” jelasnya.

Dia menambahkan, setelah upload, data pemohon akan diverifikasi oleh petugas dan akan mendapatkan username dan password yang digunakan untuk login dan mencetak sendiri Akta Kelahiran.

"Cetaknya bisa dilakukan dengan menggunakan kertas HVS dan sudah terlampir barcode dan tanda tangan digital dari Dispendukcapil," imbuhnya.

Adapun cetak hanya bisa dilakukan satu kali sehingga apabila ada kesalahan atau perubahan, pemohon harus mencetaknya secara konvensional di kantor kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper