Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Resmikan Gerai Ummart Di Pasuruan

Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menghadiri peluncuran program Pesantrenpreneur yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) sekaligus meresmikan Ummart di Pesantren Bayt Al-Hikmah, Pasuruan pada Sabtu (12/5/2018).

Bisnis.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menghadiri peluncuran program Pesantrenpreneur yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) sekaligus meresmikan Ummart di Pesantren Bayt Al-Hikmah, Pasuruan pada Sabtu (12/5/2018).

Ketua Hipmi Jawa Timur, Mufti Anam mengatakan peluncuran program Pesantrenpreneur juga bakal dihadiri sejumlah menteri, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, para kepala daerah, Ketua Hipmi Pusat Bahlil Lahadalia, dan sejumlah tokoh nasional.

"Bapak Jokowi akan meresmikan Ummart secara langsung, karena beliau sejak awal memang sangat mendukung semua program terkait pemberdayaan ekonomi umat. Apalagi beliau juga dikenal concern memperbesar pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air," ujarnya Jumat (11/5/2018).

Adapun Pesantrenpreneur tersebut merupakan adalah program penguatan ekonomi umat berbasis pondok pesantren. Program ini melibatkan Hipmi dengan dukungan penuh pemerintah, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), dan berbagai pihak lainnya.

Salah satu wujud awal program Pesantrenpreneur yakni pembukaan gerai berkonsep syariah yang diberi nama Ummart di 10 pesantren yang menjadi sarana pemasaran produk-produk lokal pesantren dan produk UMKM desa sekitar pesantren.

"Program Pesantrenpreneur ini akan dijalankan secara terintegrasi, mulai pelatihan, pendampingan, permodalan, hingga pemasaran agar bisa melahirkan santri pengusaha yang bisa menjadi penopang ekonomi umat,” imbuh Anam.

Rencananya, peresmian yang bakal dihadiri ribuan santri juga akan ditandai dengan talkshow kewirausahaan yang menghadirkan pengusaha nasional Chairul Tanjung, CEO Bukalapak Ahmad Zaky, dan sejumlah pebisnis lain.

“Kami berharap dari talkshow ini virus kewirausahaan bisa menyebar di kalangan santri," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper