Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Optimalkan Penyaluran KPR di Jatim 18.000 Unit

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan mengoptimalkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di daerah terutama di wilayah Jawa Timur yang ditargetkan mencapai 18.000 unit rumah subsidi maupun non-subsidi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan mengoptimalkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di daerah terutama di wilayah Jawa Timur yang ditargetkan mencapai 18.000 unit rumah subsidi maupun non-subsidi.

Managing Director Strategy, Compliance and Risk BTN, R. Mahelan Prabantarikso mengatakan per akhir tahun lalu pangsa pasar BTN di Jatim mampu mencapai 54%. Hal tersebut terjadi karena tingginya permintaan hunian di Jatim.

"Dari hasil riset kami di Jatim menunjukan permintaan hunian rumah mencapai 230.000 unit tahun ini. Namun sayangnya pasokan rumah di wilayah ini baru mencapai 7% atau setara 15.000 an unit," jelasnya saat Public Expose Marathon IDX Surabaya, Rabu (30/8/2017).

Dia memaparkan hingga semester I/2017 ini telah menyalurkan KPR Jatim mencapai 7.500 unit. Sebanyak 3.550 unit di antaranya merupakan KPR non-subsidi senilai Rp1,07 triliun, dan sebanyak 3.950 unit lainnya merupakan KPR subsidi senilai Rp414 miliar.

"Segmen non subsidi kebanyakan berada di kota-kota besar seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang. Sebaliknya yang segmen subsidi pembelian rumahnya di wilayah Jember, Malang, dan Gresik," imbuhnya.

Mahelan menambahkan, untuk menggenjot penyaluran di Jatim sendiri, BTN gencar bermitra dengan Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) dan Apersi terutama agar para pengembang juga meningkatkan pasokan unit hunian yang masih kurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler