Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Setop Impor Ikan Nila

Kementerian Kelautan dan Perikanan menyetop impor Ikan Nila dari negara-negara luar khususnya yang terkena wabah Tilapia lake virus atau TiLV hingga batas waktu yang tidak ditentukan.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Kementerian Kelautan dan Perikanan menyetop impor Ikan Nila dari negara-negara luar khususnya yang terkena wabah Tilapia lake virus atau TiLV hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mengungkapkan kelima negara yang dilarang itu adalah Ekuador, Israel, Kolombia, Mesir dan Thailand. Dia menegaskan pelarangan itu dikeluarkan dalam bentuk surat edaran No.3975/DJBP/VII/2017.

‎"Larangan ini kami terapkan sampai negara-negara itu benar-benar bebas. Yang jelas di Indonesia [virus TiLV] belum ada, makanya kami cegah jangan masuk, termasuk monitoring supaya tidak masuk," paparnya di sela-sela Symposium on Disease on Asian Aquaculture (DAA) di Kuta, Senin (28/8/2017).

TiLV merupakan virus yang menyerang ikan Nila sehingga bisa menyababkan turunnya produksi hingga 25%. Di Indonesia, jenis penyakit ini diketahui belum ada menjangkiti ikan Nila di sini.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam surat edaran itu disebutkan pelarangan dikenakan bagi calon induk, induk, maupun benih ikan Nila. Pembatasan juga dilakukan dari negara-negara yang tidak terkena wabah dengan memenuhi ketentuan wajib melampirkan izin pemasukan ikan hidup, sertifikat kesehatan ikan dan uji hasil mutu.

Setiap tahun, Indonesia mengimpor sebanyak 3.000 indukan Nila dari sejumlah negara tetapi dominan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler