Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Dinilai Perlu Segera Beli Bawang Merah Petani

Bulog perlu turun untuk membeli bawang merah dari petani jika haga komoditas tersebut di bawah Rp12.000/kg di tingkat grosir, pasar agribisnis di tingkat kabupaten.

Bisnis.com, MALANG—Bulog perlu turun untuk membeli bawang merah dari petani jika haga komoditas tersebut di bawah Rp12.000/kg di tingkat grosir, pasar agribisnis di tingkat kabupaten.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kab. Malang Nasri Abdul Wahid mengatakan saat ini harga bawang merah masih mencapai Rp16.000/kg, turun bila dibandingkan pekan lalu yang masih mencapai Rp18.000-Rp20.000/kg.

“Kalau sampai di bawah Rp12.000/kg, maka petani sudah merugi sehingga Bulog perlu turun ke lapangan,” ujarnya di Malang, Rabu (23/8/2017).

Menurut dia, terus turunnya harga bawang merah tidak dapat dihindari karena bulan ini merupakan puncak panen komoditas pangan tersebut.

Di Kab. Malang saja, pada semester I/2017 sudah berhasil memproduksi bawang merah sebanyak 43.700 ton.

Rerata produktivitas tanaman bawang merah di daerah tersebut mencapai 8,3 ton/hektare/70 hari. Sedangkan tahu ini diharapkan dapat meningkat menjadi 9,5 ton/hektare/70 hari.

Peningkatan produktivitas bawang merah tersebut terjadi karena di Kab. Malang sudah menggunakan varietas unggul, yakni Batu Ijo.

Jika bibit bawang merah ditanam dengan cara intensif, maka mampu menghasilkan 12 ton/hektare/70 hari. Dengan asumsi moderat, maka diharapkan panen bawang mencapai 9,5 ton/hektare/70 hari.

Luas panen bawang merah pada 2016, 4.222 hektare dengan tingkat produksi 8,3 ton/hektare/70 hari, sedangkan tahun bertambah menjadi 4.600 hektare dengan tingkat produksi 9,5 ton/hektare/70 hektare.

Menurut dia, 9 kecamatan dan 11 desa yang menjadi areal tanaman bawang merah. Yang paling luas di Kec. Ngantang seluas 1.600 hektare, selanjutnya Pujon, Sumberpujung, Turen, Wonosari, dan Wagir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler