Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendag Optimistis Indonesia Emas 2045 Bisa Diraih Lebih Cepat

Ekonomi digital berpotensi menjadi salah satu sumber ekonomi Indonesia dan pendorong UMKM untuk go global dan go digital.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, bercengkrama dengan UMKM pada pada #GlowUpBareng di Universitas Brawijaya di Malang, Rabu (25/9/2024)./Bisnis-Choirul Anam.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, bercengkrama dengan UMKM pada pada #GlowUpBareng di Universitas Brawijaya di Malang, Rabu (25/9/2024)./Bisnis-Choirul Anam.

Bisnis.com, MALANG — Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, optimistis Indonesia Emas 2045 dapat diraih lebih cepat dengan melihat perkembangan ekonomi digital.

“Saya optimistis Indonesia Emas 2045 bisa diraih lebih cepat,” katanya pada #GlowUpBareng di Universitas Brawijaya di Malang, Rabu (25/9/2024).

Menurutnya, ekonomi digital berpotensi menjadi salah satu sumber ekonomi Indonesia dan pendorong UMKM untuk go global dan go digital. Oleh karena itulah, dia mengapresiasi, inisiatif Google dan YouTube. "Kami sangat menghargai upaya berkelanjutan Google dan YouTube dalam mendukung ekosistem kreatif dan digital kami," katanya.

Dengan inisiatif ini, dia menilai, Google dan YouTube tidak hanya mendorong terciptanya ekosistem kreatif yang dinamis, tetapi juga meletakkan fondasi bagi masa depan Indonesia sebagai pemimpin global dalam ekonomi digital. 

Dengan memberdayakan individu dan bisnis melalui alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk sukses, Google dan YouTube membantu membuka potensi penuh dari bakat kreatif Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tahun-tahun mendatang.

Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik di YouTube Asia Tenggara, Danny Ardianto, mengatakan Google dan YouTube mengumumkan beragam inisiatif yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM), kreator, dan developer untuk berkembang di ekosistem digital yang dapat membuka peluang luas bagi UKM dan kreator Indonesia untuk mengembangkan audiens dan pendapatan mereka.

YouTube memberikan kesempatan kepada kreator melalui Program Afiliasi YouTube Shopping untuk bermitra dengan UKM, menampilkan produk secara langsung di video mereka, dan mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan yang dilakukan melalui konten mereka. 

Dia menilai, program ini mendekatkan bisnis dan kreator lebih dari sebelumnya, memungkinkan mereka untuk memaksimalkan manfaat dari basis pengguna YouTube yang luas yang terdiri dari jutaan pengguna di Indonesia.

Seiring dengan pesatnya perkembangan ekonomi digital Indonesia, dia menegaskan, YouTube terus memainkan peran penting dalam membantu UKM, kreator dan khalayak luas. 

Hal itu terjadi karena 78% UKM yang memanfaatkan channel YouTube setuju bahwa YouTube berperan dalam membantu mereka mengembangkan basis pelanggan dengan menjangkau audiens baru.

Di luar UKM, kata dia, komunitas kreator juga mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan lebih dari 600.000 kreator dan mitra secara global menerima pendapatan yang terkait dengan kehadiran mereka di YouTube.

Di Indonesia sendiri, lebih dari 400.000 kreator dan mitra membuka lapangan pekerjaan untuk membantu mengelola channel mereka, berkontribusi secara signifikan terhadap lapangan kerja dan tujuan pembangunan sumber daya manusia di negara ini.

"Melalui berbagai inovasi produk baru, seperti YouTube Shopping yang baru saja kami luncurkan, kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan digital Indonesia dan berkontribusi pada visi negara untuk menjadi pemimpin dalam ekonomi kreatif," ucapnya.

Menurutnya, komitmen Google terhadap ekonomi digital Indonesia melampaui UKM dan kreator. Platform Google Play telah membantu developer lokal menghasilkan pendapatan sebesar Rp2,14 triliun pada tahun 2023. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper