Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Januari - November 2023, Kunjungan Wisman ke Jatim Melonjak 263,11%

BPS Jawa Timur mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jatim di sepanjang Januari - November 2023 meningkat drastis.
Aktivitas wisata alam Jumpinang River Tubing di kawasan hutan dan kebun Sumber Rejo, Purwosari, Pasuruan, Jatim./Bisnis - Peni Widarti.
Aktivitas wisata alam Jumpinang River Tubing di kawasan hutan dan kebun Sumber Rejo, Purwosari, Pasuruan, Jatim./Bisnis - Peni Widarti.

Bisnis.com, SURABAYA — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jatim di sepanjang Januari - November 2023 mampu tembus 194.367 kunjungan atau melonjak 263,11% dibandingkan periode yang sama 2022 yang mencapai 53.529 kunjungan. 

Jumlah kunjungan wisman yang menunjukkan peningkatan tertinggi yakni berasal dari Tiongkok yang meningkat sebesar 2.147,07%, kemudian disusul wisman asal Malaysia dan penduduk luar negeri (Pendul) yang mengalami peningkatan sebesar 237,68% dan 130,05%.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan melonjaknya kunjungan wisman ke Jatim melalui Bandara Internasional Juanda ini menunjukkan bahwa Jatim memiliki daya tarik wisata yang semakin menarik dan memiliki daya saing global.

“Kinerja kunjungan ini menandakan bahwa wisata di Jatim makin  diminati komunitas global dan mendunia. Sehingga ke depan harus terus kita jaga dan kita tingkatkan daya saingnya," katanya, Jumat (5/1/2024).

Jatim sendiri memiliki beberapa destinasi wisata unggulan seperti di Kota Batu atau Malang Raya, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan hingga Kota Surabaya telah tujuan wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. 

“Di Kota Batu ada Jatim Park Grup (JTP) I, II hingga III yang menawarkan berbagai wahana edukasi menarik. Allhamdulillah, hadirnya wisatawan memberi dampak terhadap sektor wisata dan produk produk UMKM yang ditawarkan bisa terjual selama masa liburan," katanya. 

Selain itu, tambahnya, terdapat wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menjadi tujuan para wisatawan lokasl maupun asing karena kearifan lokal budaya yang unik dan masih menjaga tradisi leluhur. TNBTS juga telah dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia, setelah Taman Nasional di Afrika Selatan dan di Brazil.

Khofifah menambahkan, peningkatan jumlah kunjungan wisman ini juga turut berdampak terhadap perekonomian Jatim, termasuk dari sisi kinerja Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang.

TPK hotel bintang pada November 2023 sebesar 57,59% atau mengalami peningkatan (secara month to month) sebesar 0,95 poin dibandingkan Oktober 2023. TPK hotel bintang empat pada November 2023 memiliki nilai TPK tertinggi dibandingkan TPK hotel bintang lainnya yaitu sebesar 62,17%. 

"Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh tempat pengelola wisata yang ada di Jatim sehingga masyarakat bisa berwisata dengan aman, nyaman dan gembira serta memberikan perputaran ekonomi bagi Jatim,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler