Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Induk Perkuat Tiga Pilar Ekonomi Kota Batu

Mudah-mudahan, dengan momentum yang baik ini di Pasar Induk Among Tani, pergerakan ekonomi masyarakat terus tumbuh.
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi Ke-22 Kota Batu di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (17/10/2023)./Antara-Vicki Febrianto.
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi Ke-22 Kota Batu di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (17/10/2023)./Antara-Vicki Febrianto.

Bisnis.com, MALANG - Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan peringatan Hari Jadi Ke-22 Kota Batu menjadi momentum untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Timur tersebut.

Menurut dia, di Kota Batu, Selasa (17/10/2023), pelaksanaan upacara peringatan Hari Jadi Ke-22 Kota Batu yang digelar di Pasar Induk Among Tani tersebut memiliki makna untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Kenapa dilaksanakan upacara Hari Jadi Kota Batu di Pasar Induk Among Tani, ini adalah momentum untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Aries menjelaskan momentum untuk menggerakkan perekonomian masyarakat tersebut tentunya tidak lepas dari peranan pemerintah daerah yang memiliki kepedulian terhadap para pedagang termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurutnya, dengan momentum yang baik dan dengan mulai beroperasinya Pasar Induk Among Tani Kota Batu sejak 2 Oktober 2023 tersebut, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum di wilayah Kota Batu.

"Mudah-mudahan, dengan momentum yang baik ini di Pasar Induk Among Tani, pergerakan ekonomi masyarakat terus tumbuh," katanya dilansir Antara.

Ia menambahkan dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian wilayah setempat, Kota Batu memiliki tiga sektor unggulan utama yakni pariwisata, pertanian dan UMKM. Ketiga sektor tersebut, terus didorong untuk memacu roda perekonomian wilayah Kota Batu.

"Tiga sektor unggulan ini, diharapkan menjadi ikon Kota Batu, (menarik) wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batu," katanya.

Dalam kesempatan itu, Aries mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin Kota Batu yang sebelumnya menjabat sebagai wali kota dan wakil wali kota, yang mampu membawa Kota Batu meraih berbagai prestasi.

Namun, lanjutnya, ia mengakui bahwa pemerintah memiliki kelemahan dan kekurangan namun diharapkan bisa diselesaikan dengan segera untuk mewujudkan Kota Batu menjadi salah satu kota pariwisata tingkat nasional.

"Tanpa pemimpin-pemimpin Kota Batu sebelumnya, tidak mungkin di usia yang ke-22 ini bisa terus maju. Kemajuan Kota Batu tentu beriring dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat," katanya.

Dalam memperingati Hari Jadi Ke-22 Kota Batu, Dinas Pariwisata Kota Batu telah meluncurkan sejumlah rangkaian kegiatan antara lain bersih lingkungan, pentas budaya, gerak jalan indah, Batu Fun Run, festival musik, dan lainnya.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi Ke-22 Kota Batu yang mengedepankan kepentingan masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan bertaraf nasional dan internasional, yang diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper