Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramadan dan Lebaran Dorong Inflasi Jatim 0,30 Persen

Provinsi Jawa Timur pada April 2023 tercatat mengalami inflasi sebesar 0,30 persen yang disebabkan oleh kenaikan harga sejumlah komoditas pangan.
Ilustrasi petani memanen tomat./Freepik.
Ilustrasi petani memanen tomat./Freepik.

Bisnis.com, SURABAYA — Provinsi Jawa Timur pada April 2023 tercatat mengalami inflasi sebesar 0,30 persen yang disebabkan oleh kenaikan harga sejumlah komoditas pangan dan transportasi pada momen Ramadan dan Lebaran.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, Zulkipli mengatakan dari 8 kota yang menghitung Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jatim seluruhnya mengalami inflasi.

“Inflasi tertinggi pada April ini terjadi di Sumenep 0,45 persen, dan terendah terjadi di Kediri 0,13 persen,” katanya dalam paparan Inflasi Jatim, Selasa (2/5/2023).

Jika dilihat secara year to date atau April 2023 terhadap Desember 2022, Jatim telah mengalami inflasi sebesar 1,16 persen. Sedangkan secara year to year atau April 2023 terhadap April 2022 Jatim mengalami inflasi 5,35 persen.

Adapun sejumlah komoditas yang menyumbang inflasi di antaranya adalah tomat yang mengalami kenaikan harga hingga 15,37 persen, disusul semangka 8,49 persen, angkutan antar kota 5,77 persen, daging ayam ras 4,55 persen, ayam hidup 4,19 persen, emas perhiasan 2,35 persen, angkutan udara 2,24 persen, rokok 1,12 persen, daging sapi 1,08 persen, dan beras 0,88 persen.

Sementara komoditas yang memicu deflasi atau menahan laju inflasi yakni cabai rawit turun harga hingga -34,48 persen, nangka muda -9,36 persen, terong -3,88 persen, labu siam -4,74 persen, minyak goreng -0,93 persen, telur ayam ras -0,94 persen, cumi-cumi -2,48 persen, tongkol diawetkan -1,62 persen, susu bubuk -1,37 persen, dan bawang putih -1,18 persen.

Dia menjelaskan, momen Ramadan dan Idulfitri ini menjadi salah satu faktor musiman dalam pergerakan inflasi yang cenderung tinggi dibandingkan bulan lain karena adanya peningkatan permintaan sebagai kebutuhan.

Tiga kelompok pengeluaran dengan andil cukup tinggi dalam inflasi adalah makanan, minuman dan tembakau, serta pakaian dan alas kaki, dan transportasi,” katanya.

“Transportasi seperti angkutan udara terjadi kenaikan harga tiket pesawat yang rata-rata terjadi mulai H-7, dan sedikit turun pada H1 dan H2 Lebaran. Sedangkan makanan, seperti daging ayam ras juga mengalami kelangkaan sehingga harganya sempat tembus Rp60.000/kg,” imbuhnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper