Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

May Day: Gubernur Khofifah Pastikan Kawal 7 Rekomendasi Buruh

Kepada para buruh, Khofifah mengajak untuk terus membangun hubungan harmonis, baik hubungan industrial antara pengusaha, pekerja atau buruh serta pemerintah.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat peringatan Hari Buruh 1 Mei di Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya, Senin (1/5/2023). /Dok. Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat peringatan Hari Buruh 1 Mei di Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan Surabaya, Senin (1/5/2023). /Dok. Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Guberur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan akan mengawal 7 poin rekomendasi para buruh yang telah disampaikan pada aksi demonstrasi memperingati Hari Buruh 1 Mei 2023 di Kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan Surabaya.

Kepada para buruh, Khofifah mengajak untuk terus membangun hubungan harmonis, baik hubungan industrial antara pengusaha, pekerja atau buruh serta pemerintah yang ada di Jatim.

"Hubungan industrial yang melibatkan banyak sektor meliputi pengusaha, buruh dan pemerintah harus ditingkatkan dan berjalan harmonis-produktif. Ketika hubungan yang terjalin harmonis-produktif akan menumbuhkan iklim investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Jatim,” ujarnya dalam rilis, Senin (1/5/2023).

Dia mengatakan Pemprov Jatim terus mendorong serta memberikan perhatian dan memfasilitasi keinginan para buruh untuk meningkatkan kesejahteraannya, serta siap memfasilitasi bersama sejumlah tokoh buruh dan pekerja Jatim bertemu langsung dengan Menteri Koordinaror Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD di Jakarta dalam waktu dekat. 

"Allhamdulillah kita terkonfirmasi diterima oleh Pak Menkopolhukam minggu ini di kantor beliau di Jakarta sesuai harapan perwakilan pimpinan serikat buruh/pekerja untuk menyampaikan aspirasinya," ujarnya. 

Diharapkan fasilitas tersebut dimanfaatkan para buruh untuk bisa langsung menyampaikan aspirasi khususnya harapan terkait revisi UU Cipta Kerja. Selain itu, buruh dan pekerja juga bisa mendapatkan informasi utuh dan komprehensif mengenai UU Cipta Kerja. 

"Mari kita kawal bersama dan ingatkan saya jika ada yang terlewatkan. Rekomendasi ini adalah bagian dari ikhtiar kita bersama, bagaimana buruhnya sejahtera, terlindungi tetapi dalam waktu yang sama ekonomi Jatim juga tetap tumbuh dan bangkit," katanya. 

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan para buruh yang berdemo telah menunjukkan sikap positif sehingga bisa mendukung iklim investasi bisa dilakukan di Jatim. 

"Kondusivitas May Day ini menjadi bentuk hal yang baik dengan mengendepankan Kamtibmas dengan mekanisme musyawarah yang dilakukan untuk mencapai mufakat. Kami juga siap untuk mengawal aspirasi dari buruh untuk sampai ke Jakarta menemui Menkopolhukam," Katanya.

Ketua Gerakan Serikat Pekerja Jatim (Gesper) Jatim Fauzi mengatakan, di momentum May Day 2023 ini para buruh di Jatim menyampaikan 7 poin rekomendasi kepada Gubernur Khofifah. 

Adapun tujuh poin tersebut, pertama buruh meminta gubernur mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden dan DPR RI terkait UU Cipta Kerja No.6/2023. Kedua, buruh menginginkan peraturan daerah (perda) tentang jaminan pesangon dan bisa dijalankan di 2023. 

Rekomendasi ketiga, mengalokasikan APBD melalui P-APBD untuk membiayai jaminan kesehatan masyarakat khususnya bagi pekerja yang mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Keempat, Disnakertrans Jatim diminta melakukan penegakan hukum dan sanksi terhadap pemberi kerja yang tidak mengikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan. 

Kelima, gubernur agar segera menyelesaikan permasalahan hubungan industrial yang terjadi di perusahaan. Keenam, meminta Kadisnaker Jatim mengevaluasi kinerja pengawas ketenagakerjaan di Jatim. 

Ketujuh, buruh meminta gubernur mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden untuk tidak merevisi PP. Nomor 109/2012 tentang rencana Menteri Kesehatan tentang rokok dan hasil tembakau yang disamakan dengan narkoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler