Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Kandungan Lokal Pabrik, Ini Langkah Semen Indonesia

Kerja sama dengan LPDP ini merupakan bentuk komitmen SIG untuk meningkatkan capaian tingkat komponen dalam negeri pada komponen operasional pabrik milik SIG.
Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Direktur Utama LPDP, Andin Hadiyanto (kiri) pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama pendanaan riset, di Jakarta, Jumat (6/1/2022)./Dok. SIG
Direktur Utama SIG, Donny Arsal (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Direktur Utama LPDP, Andin Hadiyanto (kiri) pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama pendanaan riset, di Jakarta, Jumat (6/1/2022)./Dok. SIG

Bisnis.com, SURABAYA — PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan berkerja sama dalam pendanaan riset untuk mendukung aktivitas penelitian dan pengembangan suku cadang/sparepart pabrik milik SIG.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal menjelaskan, kerja sama dengan LPDP ini merupakan bentuk komitmen SIG untuk meningkatkan capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada komponen operasional pabrik milik SIG.

Sebagai pengguna, SIG akan menyampaikan sparepart yang akan digunakan di pabrik SIG kepada industri dalam negeri selaku produsen. Selanjutnya, secara bersama-sama (SIG, industri dalam negeri, dan tim peneliti) melakukan penelitian dan pengembangan sparepart yang sesuai dengan kebutuhan operasional SIG, agar dapat diproduksi dan dipasok oleh industri dalam negeri termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” jelasnya dalam rilis, Senin (9/1/2023).

Dia mengatakan pada tahun lalu, penggunaan TKDN sparepart di SIG mencapai Rp550 miliar, atau naik 44 persen dari periode sebelumnya sebesar Rp382 miliar. Realisasi pencapaian tersebut juga melampaui target yang telah ditetapkan untuk 2022 sebesar Rp479 miliar.

“Peningkatan capaian penggunaan TKDN melalui pemberdayaan industri dalam negeri merupakan inisiatif strategis SIG. Untuk itu diperlukan kolaborasi dengan LPDP dalam riset pengembangan sparepart dengan Industri Dalam Negeri dan Pembinaan UKM, di mana SIG berperan sebagai offtaker,” jelas Donny.

Menurutnya, kolaborasi dengan LPDP menjadi aksi afirmatif dan dukungan bagi SIG untuk semakin memperkuat dan mendorong penggunaan produk dalam negeri di perusahaan, serta mengawal implementasi kebijakan pemerintah yang mendorong pertumbuhan industri.

“SIG senantiasa mendukung program dan kebijakan Peningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dalam menumbuhkan perekonomian dengan cara membuka kesempatan seluas-luasnya bagi industri besar dalam negeri dan UKM untuk ikut serta dalam bagian rantai pasok SIG,” imbuhnya.

Direktur Utama LPDP, Andin Hadiyanto mengatakan, LPDP menyambut positif sinergi dan kerja sama dengan SIG dalam pendanaan riset sebagai upaya menciptakan inovasi di bidang teknologi manufaktur. 

“Sinergi antara LPDP dengan industri seperti ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendukung kemajuan ekonomi Indonesia 2023,” ujarnya.

Adapun saat ini SIG sedang melakukan riset bersama sejumlah industri dalam negeri, meliputi pengembangan alumina brick refractory bersama PT Loka Refractories (BUMD milik Pemprov Jatim), pengembangan belt bucket elevator bersama PT Karet Ngagel Surabaya (BUMD Jatim).

Selain itu, SIG juga melakukan riset pengembangan high chromium grinding ball bersama PT Barata Indonesia (Persero), pengembangan low chromium grinding ball bersama Universitas Pendidikan Indonesia, uji coba pelumas roller mill lubrication bersama PT Pertamina Lubricants, dan pengembangan pressure gauge bersama UKM PT 3S International.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper