Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usaha Kemitraan Peternakan Perlu Diawasi

KPPU kerap menemukan kendala peternak maupun perusahaan mitra. Saat ini pemahaman peternak mengenai kemitraan yang sehat masih rendah.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 15 November 2022  |  12:40 WIB
Usaha Kemitraan Peternakan Perlu Diawasi
Pekerja mengambil telur di kandang ayam. - Antara/Adeng Bustomi
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA — Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah IV Jatim, Bali dan Nusra mendorong upaya percepatan monitoring terhadap iklim usaha kemitraan sektor peternakan sehat yang dilakukan Dinas Peternakan Jatim.

Kepala Kantor Wilayah IV KPPU Surabaya, Dendy R. Sutrisno mengatakan hasil monitoring yang dilakukan tim satgas Dinas Peternakan Jatim tersebut diharapkan dapat segera dianalisa untuk ditindaklanjuti dengan langkah dan kebijakan yang konkret.

“Kami sangat mendukung upaya percepatan hasil monitoring ini. Kami yakin jika sudah ada data riil maka dapat dilakukan advokasi yang tepat bagi peternak, dan bukan tidak mungkin dalam 1 - 2 tahun Jatim menjadi acuan implementasi kemitraan peternakan yang sehat,” katanya, Senin (14/11/2022).

Dia mengatakan dengan adanya data riil kemitraan peternak dengan perusahaan yang jelas maka akan sangat membantu KPPU dalam menentukan kebijakan advokasi yang tepat sasaran sesuai dengan kondisinya.

Pasalnya, kata Dendy, saat ini KPPU masih kerap menemukan beberapa kendala yang dihadapi para peternak maupun perusahaan mitra. Sebagai contoh, saat ini pemahaman peternak mengenai kemitraan yang sehat maish rendah sehingga tidak sedikit peternak yang tidak memegang perjanjian kemitraan tertulis.

“Begitu juga dengan harga kontrak yang diduga belum memberikan keseimbangan pada saat fluktuasi harga pasar, serta adanya keluhan mengenai kewajaran harga doc, pakan, dan obat, atau bahkan adanya peternak yang kurang disiplin dalam memenuhi SOP budi daya ternak sebagaimana disyaratkan oleh perusahaan mitranya,” jelasnya.

Kepala Dinas Peternakan Jatim, Indyah Aryani mengatakan saat ini tengah pihaknya menerjunkan Satgas Pengawasan Kemitraan di 9 kabupaten/kota di Jatim untuk mengetahui kondisi riil kemitraan di sektor peternakan. 

"Data riil kemitraan ini nantinya akan menjadi dasar langkah konket yang terukur untuk mendorong terciptanya iklim peternakan yang lebih kondusif, sekaligus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, baik peternak maupun perusahaan kemitraannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peternak ayam peternakan kppu telur ayam jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top