Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kondisi Terkini RS Soetomo dan Cara Cek Ketersediaan Rumah Sakit

Hingga hari Sabtu saja Soetomo telah merawat sebanyak 566 pasien Covid-19.
Petugas melintas di depan pintu masuk Ruang Isolasi Khusus (RIK) RSUD Dokter Soetomo, Surabaya./Antara-Moch Asim
Petugas melintas di depan pintu masuk Ruang Isolasi Khusus (RIK) RSUD Dokter Soetomo, Surabaya./Antara-Moch Asim

Bisnis.com, SURABAYA - Terjadi penumpukan pasien Covid-19 di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo Surabaya akibat masih tingginya kasus virus corona di Provinsi Jawa Timur.

"Hingga hari Sabtu (11/7) ada ratusan pasien yang datang sejak pagi dan terus berdatangan. Kapasitas IGD penuh, tapi kami tidak mungkin menutupnya, mau ke mana lagi masyarakat," kata Kepala PKRS dan Humas RSUD dr Soetomo Surabaya, dr. Pesta Parulian dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (11/7/2021).

Pesta meminta masyarakat untuk bersabar karena memang tenaga kesehatan di rumah sakit setempat sudah kewalahan.

"Imbauan kami bila masyarakat terpapar Covid-19 dengan gejala ringan, silakan lakukan isolasi mandiri, jika harus ke Soetomo harap bersabar, sebab kami juga sudah sangat kewalahan," katanya.

Direktur Utama RSUD dr. Soetomo Surabaya dr. Joni Wahyuhadi menyatakan adanya penumpukan di IGD disebabkan tutupnya layanan serupa di sejumlah rumah sakit yang ada di Surabaya dan sekitarnya.

"Hingga hari Sabtu saja Soetomo telah merawat sebanyak 566 pasien Covid-19 dan diprediksi akan terus bertambah," katanya.

Pihaknya pun mengantisipasi terus datangnya pasien Covid-19 dengan membangun triase kontainer yang mempunyai kapasitas 30 pasien.

"Kami juga membangun RIK di gedung parkir yang berkapasitas 200 tempat tidur. Insyaallah minggu depan penumpukan tersebut teratasi," ujarnya.

Hingga Sabtu (10/7) kasus terkonfirmasi positif di Jawa Timur sebanyak 191.942 atau bertambah 2.237. 163.420 kasus terkonfirmasi sembuh, 14.236 pasien meninggal dunia, dan 14.286 pasien masih dirawat di rumah sakit rujukan.

Dalam perkembangan lain, Kementerian Kesehatan memperbarui cara untuk mengecek ketersediaan tempat tidur di instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit bagi pasien Covid-19 melalui aplikasi SINARAP 3.0.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, SIRANAP 3.0 hadir untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi terbaru seputar ketersediaan tempat tidur beserta jumlah pasien di IGD rumah sakit.

Informasi ketesediaan kamar dan antrean pasien Covid-19 di IGD RS akan di-update setiap 3 jam sekali.

"#Healthies, bagi kamu yang membutuhkan informasi seputar ketersediaan IGD di RS terutama untuk pasien Covid-19. Kementerian Kesehatan menyediakan SIRANAP 3.0," tulis akun Instagram @kemenkes_RI seperti dikutip, Sabtu (10/7/2021).

Di tahap awal, aplikasi SINARAP 3.0 baru bisa digunakan di wilayah DKI Jakarta. Namun, secara bertahap diharapkan bisa berkembang di seluruh daerah di Indonesia. Anda yang sedang mencari ketersediaan kamar tidur di IGD RS untuk pasien Covid-19 di DKI Jakarta? Silakan akses link SINARAP 3.0 terbaru: https://link.kemkes.go.id/NewSiranap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper