Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transaksi Cashless Pertamina di 10 Daerah Jatim Meningkat

Adapun pada pekan pertama September 2020 tercatat 47.000 transaksi menggunakan cashless via aplikasi MyPertamina.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  17:35 WIB
Petugas melakukan transaksi non tunai di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Ilustrasi. - Bisnis/Abdurachman
Petugas melakukan transaksi non tunai di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Ilustrasi. - Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, KEDIRI - PT Pertamina (Persero) MOR V Jatim Balinus merekam tren peningkatan pembayaran nontunai cashless di area sales Kediri Jatim seiring dengan berjalannya program Berbagi Berkah MyPertamina sejak September 2020.

Sales Area Manager Pertamina wilayah Kediri, Valino mengatakan program tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memopulerkan transaksi secara cashless melalui aplikasi MyPertamina.

“Aplikasi ini mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia sebagai pemegang kebijakan moneter,” katanya kepada Tim Jlajah Wisata Jatim - Bisnis Indonesia, Rabu (2/12/2020).

Adapun pada pekan pertama September 2020 tercatat 47.000 transaksi menggunakan cashless via aplikasi MyPertamina. Jumlah tersebut meningkat mencapai lebih dari 154.000 transaksi pada pekan keempat. Sepanjang September saja, total transaksi pembelian produk Pertamina di SPBU mencapai Rp12,9 miliar.

“Peningkatan sebesar 227 persen jumlah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sejalan dengan Program BBM yang tengah berlangsung,” ujarnya.

Section Head Communication and Relation Pertamina, Ahad Rahedi menambahkan program Berbagi Berkah MyPertamina ini membantu meningkatkan popularitas penggunaan transaksi cashless di masyarakat, di antaranya untuk bertransaksi di SPBU pembelian produk berkualitas dari Pertamina.

Wilayah Sales Kediri sendiri meliputi 10 kabupaten, di antaranya Madiun, Kediri, Blitar, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung dan 3 kota yakni Blitar, Madiun dan Kediri.

“Pelanggan yang bertransaksi menggunakan aplikasi MyPertamina akan mendapatkan kupon undian Berbagi Berkah MyPertamina lebih banyak dari pelanggan yang bertransaksi secara tunai, kemudian kemudahan untuk melakukan penukaran kupon untuk mengikut undian juga dapat dilakukan melalui aplikasi secara cepat,” jelasnya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan setia produk berkualitas Pertamina, lanjut Ahad, program BBM memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk memperoleh berbagai macam hadiah menarik selama periode program.

Seperti 40 pasang wisata nusantara, 62 pasang paket umroh, 40 pasang wisata Eropa, 46 motor, 3 kg emas, dan 1 mobil Porsche Boxster bisa diperoleh pelanggan dengan mengikuti undian program BBM ini.

Pengundian hadiah berkala program BBM sampai dengan September sudah dilakukan beberapa tahap, dengan pengundian hadiah utama nasional dijadwalkan untuk dilaksanakan pada 20 Agustus 2021.

Ahad menambahkan, perpanjangan periode program BBM ini untuk memperbesar kesempatan para pelanggan yang sudah berpartisipasi dengan untuk meningkatkan jumlah transaksi dan memperbanyak kupon undian serta memberikan kesempatan pelanggan yang belum sempat mengikuti program ini dengan mulai bertransaksi melalui aplikasi MyPertamina.

"Hingga saat ini ada 239 SPBU di wilayah Sales Area Pertamina Kediri yang sudah dilengkapi dengan mesin Electronic Data Capture (EDC) dan QR Code,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina jatim Jelajah Wisata Jatim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top