Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Risma Kaget 'Digerebek' Operasi Militer Gaya Menkes Terawan

Menteri Kesehatan melakukan sidak ke Surabaya saat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berada di dapur umum.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  07:09 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. - Bisnis/Peni Widarti
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - Sidak Menteri Kesehatan yang berlangsung senyap membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terkaget-kaget.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kamis (2/7/2020) menemui Risma di Balai Kota Surabaya. Kedatangan Terawan ke Balai Kota Surabaya awalnya tidak diketahui Risma karena tidak ada informasi jadwal kunjungan menteri.

Terawan bergegas masuk Balai Kota. Risma yang tengah berada di Dapur Umum mengaku kaget dan bergegas menyusul. 

“Saya kanget Bapak rawuh (datang). Saya kok tidak diberi tahu. Jadi, ya, begini, sudah beberapa bulan saya ngantornya di luar begini [dapur umum],” kata Risma seperti dikutip Tempo.co dari siaran pers Pemkot Surabaya.

Sambil tertawa, Terawan berujar bahwa kedatangannya memang bagian dari surprise (kejutan).

Kepada Terawan, Risma menjelaskan upaya yang telah dilakukan dalam memutus mata rantai Covid-19 sambil melihat peta Kota Surabaya.

"Kami punya petanya dan kami tahu sebarannya di mana saja. Sehingga  kalau ada warga yang tekonfirmasi, maka kami blokir lokal di wilayah itu,” kata Risma.

Risma juga melaporkan bahwa  protokol kesehatan di berbagai bidang semakin diperketat. Seperti yang terjadi di pasar tradisional.

Menurut Risma, pedagang dan pembeli wajib disiplin. Bahkan saat transaksi pembayaran pun, mereka tidak boleh bersentuhan fisik. 

“Setiap pedagang sudah melakukan transaksi keuangan pakai nampan supaya tak bersentuhan. Lalu ada tirai antara pedagang dan pembeli, agar aman,” ujar Risma.

Mendengar penjelasan Risma, Terawan tertarik untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu pasar. Ia pun mengajak Risma segera berangkat ke pasar.

“Mari kalau gitu. Kita ke pasar sekarang. Ini tidak ada persiapan apa-apa lho, Pak,” ucap Risma sambil tertawa.

Risma  mengajak Terawan ke Pasar Genteng. Risma berkeliling menyusuri lorong demi lorong di pasar tersebut sambil mengingatkan pedagang menggunakan pengeras suara.

Menurut Terawan, kinerja seperti inilah yang diminta Presiden Jokowi.

“Ini kan sama seperti yang diminta Pak Presiden. Ini seperti operasi militer,” kata Menteri Kesehatan sambil memperhatikan peta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

walikota surabaya tri rismaharini dokter terawan

Sumber : Tempo.co

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top