Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Mandiri Jatim Pacu Kredit UMKM Lewat Platform Digital

Tenaga pemasar mikro juga dapat langsung memproses pengajuan kredit melalui smartphone kepada nasabah dalam waktu yang lebih cepat hanya 15 menit.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  06:36 WIB
Peluncuran platform digital kredit mikro Mandiri Pintar (Pinjaman Tanpa Ribet).
Peluncuran platform digital kredit mikro Mandiri Pintar (Pinjaman Tanpa Ribet).

Bisnis.com, SURABAYA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mulai menggenjot penyaluran kredit bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di akhir semester I/2020 dengan meluncurkan platform digital kredit mikro secara serentak yakni Mandiri Pintar (Pinjaman Tanpa Ribet).

Regional CEO VIII / Jawa 3 Bank Mandiri, I Gede Raka Arimbawa mengatakan platform tersebut dihadirkan untuk mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro kecil menengah sejalan dengan kehidupan normal baru dan proses cepat.

“Platform Mandiri Pintar memberikan solusi kepada nasabah karena proses cepat sehingga nasabah tidak perlu direpotkan lagi dengan permintaan data dan dokumen,” katanya, Senin (29/6/2020).

Dia menjelaskan melalui aplikasi tersebut, tenaga pemasar mikro juga dapat langsung memproses pengajuan kredit melalui smartphone kepada nasabah dalam waktu yang lebih cepat hanya 15 menit.

“Aplikasi ini juga dapat melayani pengajuan kredit mikro produktif baru maupun top up kredit mikro produktif eksisting,” imbuhnya.

Gede menambahkan untuk melayani pengajuan kredit mikro ini, Bank Mandiri sendiri telah menyiapkan 6.700 orang tenaga pemasar di seluruh Indonesia yang dapat memproses kredit langsung dari lokasi nasabah berada.

Adapun sejak 2008, Bank Mandiri secara nasional telah menyalurkan KUR kepada sekitar 1,65 juta debitur dengan jumlah kredit mencapai Rp97,65 triliun. Selain KUR, selama 2020, Bank Mandiri juga telah menyalurkan KUM kepada 301.453 debitur dengan nilai sebesar Rp13,2 triliun.

Pada kuartal I/2020 Bank Mandiri wilayah Jatim masih mencatatkan kinerja kredit yang positif yakni secara total kredit mencapai Rp28,2 triliun atau tumbuh 24,95 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Kinerja kredit itu dikontribusi kredit mikro Rp15,2 triliun, KPR Rp6,88 triliun, UKM Rp5,2 triliun. Hingga kini kualitas kredit Bank Mandiri atau NPL masih stabil di angka 1,99 persen - 2 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top