Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo III Siapkan 50.000 Rapid Test untuk Masyarakat Maritim

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan 50.000 alat rapid test yang rencananya digunakan untuk masyarakat maritim di Jawa Timur seperti nelayan atau masyarakat pesisir pelaku logistik antar pulau dan pesantren.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  17:27 WIB
Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung
Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan 50.000 alat rapid test yang rencananya digunakan untuk masyarakat maritim di Jawa Timur seperti nelayan atau masyarakat pesisir pelaku logistik antar pulau dan pesantren.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat secara berkala akan menggelar rapid test tersebut melalui berkoordinasi dengan Pemprov Jatim dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB).

"Diharapkan upaya ini bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi peta persebaran Covid-19 di Jatim," katanya, Kamis (28/5/2020).

Dia mengatakan untuk tahap awal rapid test dilakukan sebanyak 5.000 tes di wilayah Pelabuhan Jangkar Situbondo, dan lalu pelabuhan penyeberangan Ketapang di Banyuwangi.

"Pelindo III juga akan melakukan jemput bola dengan mendatangi di titik-titik aktivitas sehari-hari dengan melakukan test di zona-zona yang masih dianggap merah," ujarnya.

Doso menjelaskan dalam pelaksanaan rapid test tersebut perseroan menunjuk anak usahanya Rumah Sakit PHC Surabaya.

Selain melakukan rapid test, saat ini Pelindo III juga terus memperkuat teknis pelayanan penanganan Covid-19 di RS PHC Surabaya dengan membangun Laboratorium Swab PCR dan menambah fasilitas ruang isolasi dari 17 ruang menjadi 200 ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19.

Kepala Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Perak M. Dahri menambahkan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 hingga ke daerah lain, pihaknya juga menerapkan aturan bahwa setiap calon penumpang harus menyertakan hasil rapid test.

"Pelaksanaan rapid test secara gratis oleh Pelindo III ini akan sangat membantu sekali bagi para pelaku usaha maritim maupun penumpang kapal, tentunya langkah ini sekaligus sebagai bentuk sosialisasi tentant Covid-19 dan sebagai pelayanan baru di pelabuhan penumpang," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii covid-19 rapid test
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top