Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penumpang Kereta Api dari Surabaya Turun 95 Persen

Rata-rata penumpang berkisar 2.000 – 5.000 penumpang/harinya atau turun 90 persen - 95 persen dari kondisi normal yang biasanya tembus 40.000 penumpang/hari.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 27 April 2020  |  21:07 WIB
Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan pada gerbong kereta api. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SURABAYA - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengungkapkan jumlah penumpang kereta di wilayahnya sepanjang 1 - 26 April 2020 turun 90 persen - 95 persen akibat pembatalan tiket guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Suprapto, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, mengatakan sepanjang periode tersebut perseroan telah membatalkan tiket perjalanan sebanyak 38.394 tiket.

"Jadi jumlah rata-rata penumpang yang naik di wilayah Daop 8 Surabaya itu berkisar 2.000 – 5.000 penumpang/harinya atau turun 90 persen - 95 persen dari kondisi normal yang biasanya tembus 40.000/hari," jelasnya, Senin (27/9/2020).

Dia mengatakan KAI Daop 8 juga kembali melakukan pembatalan tiket perjalanan kereta jarak jauh/menengah sampai 31 Mei 2020 guna mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui pelarangan mudik. KAI juga akan mengembalikan 100 persen biaya tiket yang sudah dibeli dengan cara menghubungi contact center KAI 121.

Adapun kereta jarak jauh/menengah yang dibatalkan operasionalnya sampai 31 Mei itu adalah kereta tujuan Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Cilacap, Cirebon, Purwokerto, Jember, dan Banyuwangi.

Sedangkan kereta lokal yang masih beroperasi ada 25 perjalanan kereta, atau dikurangi/dibatalkan sebanyak 21 kereta dari biasanya yang mencapai 46 perjalanan kereta.

Kereta lokal yang dibatalkan tersebut di antaranya Komuter relasi Bangil – Surabaya Kota/pp, Komuter Sulam relasi Surabaya Turi – Lamongan/pp, dan kereta Jenggala relasi Sidoarjo – Mojokerto/pp.

Sementara kereta lokal yang masih beroperasi adalah KA Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar/pp, KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar/pp, KA Lokal Bojonegoro relasi Siodoarjo – Surabaya Pasar Turi – Babat/pp, dan KA Lokal Kertosono relasi Surabaya Kota – Kertosono/pp.

"Bagi penumpang perkotaan tetap wajib mengikuti protokol pencegahan Covid 19 seperti pembatasan daya kapasitas maksimal 50 persen, menggunakan masker, dan physical distancing," imbuhnya.

Suprapto menambahkan meski membatalkan perjalanan jatak jauh dan mengurangi kapasitas tampung kereta lokal, KAI Daop 8 tetap melayani angkutan logistik bagi masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur surabaya kereta api
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top