Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

E-Tilang di Surabaya Diberlakukan Mulai 14 Januari

Polda Jawa Timur mulai memberlakukan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-Tilang di Surabaya pada 14 Januari 2020.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Januari 2020  |  15:44 WIB
Tilang elektronik.  - Foto Antara
Tilang elektronik. - Foto Antara

Bisnis.com, SURABAYA — Polda Jawa Timur mulai memberlakukan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-Tilang di Surabaya pada 14 Januari 2020.

"Sebelum diberlakukan, dilakukan uji coba selama tujuh hari dengan target minimal 100 pelanggar selama sehari," ujar Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan di Mapolda setempat di Surabaya, Selasa (7/1/2020).

Ia menjelaskan, e-Tilang ini merupakan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis teknologi informasi, yang menggunakan perangkat elektronik berupa kamera.

"Nantinya, kamera akan mendeteksi jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis atau Automatic Number Plate Recognition," ujarnya.

Rekaman e-Tilang, kata dia, digunakan sebagai barang bukti dalam perkara pelanggaran lalu lintas.

Budi menambahkan e-Tilang sementara akan diterapkan di Surabaya saja, namun tak menutup kemungkinan akan merambah kota dan kabupaten lain di wilayah Jatim.

"Baru Surabaya dulu, nanti Bapak Kapolda akan mengimbau juga pemerintah kabupaten/kota untuk bisa menindaklanjuti ini memasang beberapa titik di daerahnya masing-masing," ucapnya.

Sedangkan, untuk sosialisasinya Budi menyebut dalam beberapa bulan terakhir pihaknya sudah secara intens melakukan sosialisasi dan diharapkan masyarakat semakin patuh.

"Ini bentuk sosialisasi bahwa kami akan menerapkan e-Tilang dan masyarakat sudah mulai paham. Dulu pernah merasakan, tapi sekarang kami lebih sempurnakan lagi," katanya.

Pada kesempatan sama, perwira menengah tersebut mengimbau masyarakat untuk tetap tertib di jalanan jika tak ingin mendapatkan "surat cinta" dari polisi.

"Nanti penegakan hukum sudah sistem e-Tilang dengan CCTV. Untuk itu kami imbau masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas dan peraturan yang ada," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya tilang

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top