Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Fokus Dorong Peningkatan Ekspor

Pelindo III pada 2020 akan fokus pada upaya peningkatan kinerja ekspor yang sejalan dengan keinginan agar kontribusi layanan bongkar muat peti kemas sebagai core business bisa meningkat menjadi 40%.
Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung.
Direktur Utama PT Pelindo III Doso Agung.

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada 2020 akan fokus pada upaya peningkatan kinerja ekspor yang sejalan dengan keinginan agar kontribusi layanan bongkar muat peti kemas sebagai core business bisa meningkat menjadi 40%.

Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung mengatakan saat ini layanan bongkar muat peti kemas komposisinya baru 13% dari total pendapatan perseroan.

"Melalui berbagai upaya perbaikan layanan, diharapkan komposisinya bisa naik menjadi 40% pada 2020," katanya di sela-sela Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III, Rabu (4/12/2019).

Dia mengatakan Pelindo III telah menggelar pertemuan dengan 8 gubernur yang berada di wilayah kerja Pelindo III. Dalam pertemuan tersebut, seperti Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta agar Pelindo III ikut mendukung peningkatan ekspor.

"Kemudian Gubernur NTT melalui wakilnya meminta agar di NTT itu selama ini ada pengangkutan sapi dengan kapal hewan, padahal kalau kontainer kita bisa mengangkut daging sapi beku itu akan lebih efisien dan lebih banyak. Sehingga perlu ada pengembangan rumah potong hewan di sana," jelasnya.

Sementara, di Bali, Pelindo III tengah menata ulang pengembangan Pelabuhan Benoa menjadi Integrated Tourism Hub di Indonesia agar kedatangan cruise atau kapal pesiar bisa sehari ada satu kapal yang bersandar.

"Kalau saat ini baru 4 hari 1 kapal, dan diharapkan dalam 5 tahun ke depan ada kapal sandar setiap hari. Sehingga Bali perlu dibuat menarik dan seindah mungkin, dan wisatawan dibuat nyaman," imbuhnya.

Adapun saat ini dalam acara Malam Penganugerahan Pelanggan Pelindo III pun diharapkan dapat mempererat hubungan perseroan dengan pelanggan sekaligus mendengar masukan-masukan dari pelanggan guna perbaikan pelayanan ke depan.

"Dalam event ini kami juga ingin memperkuat kerja sama, dan mendengar masukan customer karena secepatnya kami ingin berkontribusi dalam program pemerintah yakni menurunkan cost logistik dan meningkatkan ekspor," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper