Organisasi Perempuan Ini Pecahkan Rekor Bantuan Modal 5.600 UMKM

Oleh: Dewi Andriani 12 Juli 2018 | 01:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia telah mengucurkan total bantuan senilai Rp1,68 miliar kepada sekitar 5600 perempuan pelaku usaha mikro kecil di seluruh Indonesia.

Ketua DPP PPLIPI Indah SDA mengatakan pemberian bantuan permodalan tersebut sudah dimulai sejak PPLIPI berdiri pada 2016. Dia merinci, pada tahun pertama, PPLIPI sudah memberikan bantuan kepada 1200 umkm.

Kemudian di tahun kedua pada 2017 terdapat 1300 umkm yang mendapatkan bantuan, dan tahun ini PPLIPI berhasil memberikan permodalan kepada 3.100 UMKM di seluruh Indonesia. Bantuan tersebut diberikan dalam perhelatan PPLIPI Peduli UMKM di Convention Hall, Smesco, Jakarta.

 “Kami sadar betul bahwa tongkat kesejahteraan masyarakat pada level paling rendah itu terbanyak ialah perempuan. Mereka makhluk yang kuat dan tangguh dalam mensejahterakan keluarga, salah satu yang dilakukan ialah berdagang. Namun, sering kali terkendala permodalan ketika ingin mengembangkan usaha. Maka PPLIPI menjembataninya dengan memberikan bantuan permodalan sebagai bentuk kontribusi nyata PPLIPI untuk pemberdayaan ekonomi,” ujarnya usai acara Signature PPLIPI Peduli UMKM, Rabu (11/7/2018)

Pemberian permodalan kepada lebih dari 3000 UMKM ini mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan memberikan rekor kepada PPLIPI sebagai pemberi bantuan permodalan terbanyak kepada perempuan pelaku UMKM.

"Pemberian bantuan modal perempuan pelaku umkm sebanyak 5600 paket bantuan permodalan yang telah dilaksanakan sejak 2016 hingga 2018 ini terbanyak di dunia, maka MURI catatnya sebagai rekor dunia," ujar perwakilan dari MURI.Sementara itu, Menteri Koperasi dan UMKM AAGN Puspayoga mengatakan program yang dijalankan oleh PPLIPI tersebut sangat strategis bahkan bisa dikolaborasikan dengan program dari pemerintah.

Apalagi pemerintah juga memiliki bantuan permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tahun ini, sudah dianggarkan sekitar Rp120 triliun dengan bunga yang rendah yaitu 7% per tahun, jauh lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sebesar 22%.

“Jika bisa sinergi antara PPLIPI dan pemerintah dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan perempuan, maka ini bisa menjadi pionir untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

PPLIPI merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat terbuka, lintas profesi, lintas suku, lintas agama, dan lintas politik.

Didirikan pada 17 April 2016, PPLIPI menjadi wadah bagi para perempuan untuk meluangkan tenaga, pikiran, peluang, maupun materi, dalam rangka mengangkat harkat dan martabat perempuan melalui upaya pemberdayaan perempuan.

Dalam rangkaian acara ini, DPW PPLIPI di berbagai daerah juga telah lebih dulu memberikan bantuan permodalan bagi para pelaku UMKM perempuan. Misalnya saja di Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepri, dan DKI Jakarta.

Diharapkan dengan adanya bantuan permodalan ini akan membuat para pelaku UMKM perempuan bisa menjadi lebih mandiri secara ekonomi.

 

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer