Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Inflasi Daerah Ditarget 3 Persen, Begini Strategi Jatim

Seperti selama ini digencarkan Pemprov Jatim, BI dan TPID, kerangka strategi 4K akan terus dilakukan setidaknya untuk menjaga inflasi dalam tiga bulan ke depan.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  17:06 WIB
Inflasi Daerah Ditarget 3 Persen, Begini Strategi Jatim
Pedagang merapikan dagangan. - Bisnis/Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA — Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Timur tahun ini masih akan menggunakan kerangka strategi 4K untuk menjaga tingkat inflasi di angka tiga persen seperti yang ditargetkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia - Jatim, Budi Hanoto mengatakan seperti yang selama ini digencarkan Pemprov Jatim, BI dan TPID, kerangka strategi 4K akan terus dilakukan setidaknya untuk menjaga inflasi dalam tiga bulan ke depan.

“Strategi 4K itu adalah keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif,” katanya kepada Bisnis, Rabu (25/1/2023).

Adapun dalam strategi keterjangkauan harga, Pemprov Jatim dan TPID melakukan pemantauan harian harga komoditas pangan strategis di 116 pasar rakyat melalui Siskaperbapo (sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok) yang dapat diakses melalui mobile apps dan website.

Selain itu juga melakukan operasi pasar komoditas pangan strategis secara tertarget, dan perluasan serta penguatan kerja sama antar daerah (KAD) yang diutamakan untuk intra Jatim.

Sedangkan untuk menjaga ketersediaan pasokan, akan dilakukan penguatan sisi hulu seperti percepatan gerakan tanam padi dan komoditas hortikultura, program Pekarangan Pangan Lestari (Pekanpari–P2L), pengembangan klaster pangan, pemberian bantuan pupuk organik serta program digital farming dan optimalisasi teknologi penyimpanan.

“Gerakan budi daya pangan mandiri (bantuan bibit cabai dan lainnya) juga perlu dilakukan, serta kegiatan serap gabah beras petani untuk menjaga kecukupan cadangan CBP Bulog,” ujar Budi.

Sementara untuk menjaga kelancaran distribusi, diberikan dukungan transportasi dari Pemprov Jatim berupa penambahan koridor angkutan bus TransJatim, penguatan koordinasi pengamanan stok BBM dan LPG 3kg, serta pelaksanaan sidak dan inspeksi

Terakhir, strategi komunikasi efektif yakni penyampaian surat imbauan Gubernur Jatim terkait penyesuaian tarif komoditas yang dapat diatur pemerintah kabupaten/kota (administered price) untuk dapat diterapkan secara bertahap dan bergantian.

“Kampanye belanja bijak, talkshow kecukupan pasokan, sosialisasi konsumsi produk olahan serta program TPID lainnya dalam rangka pengelolaan ekspektasi masyarakat juga perlu dilakukan,” imbuh Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi jatim Bank Indonesia
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top