Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 Siapkan Uang Kartal Rp8,3 Triliun

Alokasi uang kartal tahun ini meningkat 25,76 persen dari periode yang sama tahun lalu.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Region VIII/Jawa 3 menyiapkan uang kartal sebanyak Rp8,3 triliun untuk kebutuhan masyarakat selama momen Lebaran 29 April - 10 Mei 2022.

Regional Operations Head Bank Mandiri, Firman Wahyudi mengatakan alokasi uang kartal tahun ini meningkat 25,76 persen dari periode yang sama tahun lalu. 

“Penyiapan ini merupakan antisipasi perseroan terhadap keputusan pemerintah yang telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas rutin pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri seperti perjalanan mudik,” ujarnya dalam silaturahmi media Surabaya, Kamis (21/4/2022).

Dia mengatakan sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai sekitar Rp1,7 triliun per hari pada periode tersebut atau naik 25 persen dari rerata kebutuhan harian pada tahun lalu.

“Kami memperkirakan puncak net kebutuhan uang tunai akan terjadi pada dua pekan menjelang Lebaran yang bertepatan dengan periode pembayaran gaji, THR dan penyediaan kas untuk pengisian ATM selama akhir pekan dan libur lebaran,” kata Firman.

Firman menambahkan, untuk mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, Bank Mandiri juga akan mengoptimalisasi pengisian 1.661 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus dan 32.423 mesin EDC di seluruh Jatim mulai pekan depan hingga saat libur Lebaran.

“Persiapan khusus tentu kami lakukan untuk mesin-mesin ATM yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” katanya.

Sedangkan untuk kebutuhan transaksional, masyarakat dapat memanfaatkan super app Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti buka tabungan modal selfie, satu akun untuk semua tabungan, quick pick, cek saldo dan top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, Mandiri Tabungan Rencana (MTR) dan deposito, Quick Response (QR) payment dan smart reminder.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Bank Mandiri akan menyiapkan stok kartu hingga lebih dari 1 juta kartu yang bisa didapatkan cabang, toko retail (Indomaret, Alfamart, store resmi Bank Mandiri di ecommerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper