Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengiriman Rokok Ilegal Lewat Ekspedisi Berhasil Digagalkan

Dari tiga kantor ekspedisi tersebut, satu kantor ekspedisi yang berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang kedapatan melakukan pengiriman rokok ilegal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 April 2022  |  18:14 WIB
Pengiriman Rokok Ilegal Lewat Ekspedisi Berhasil Digagalkan
Salah seorang petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Cukai Malang pada saat memeriksa salah satu kendaraan milik penyedia jasa pengiriman barang di wilayah Malang, Jawa Timur. - Antara/Bea Cukai Malang

Bisnis.com, MALANG - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Cukai Malang berhasil menggagalkan pengiriman rokok ilegal yang menggunakan jasa ekspedisi dari wilayah Malang Raya, Jawa Timur.

Kepala Kantor Bea Cukai Malang Gunawan Tri Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Malang, Sabtu (17/4/2022), mengatakan bahwa pengungkapan tersebut terjadi pada saat tim intelijen dan penindakan melakukan patroli malam pada sejumlah kantor jasa ekspedisi.

"Kami melakukan patroli malam dengan menyisir ekspedisi dan jalur-jalur yang sering untuk melakukan pengiriman rokok ilegal," kata Gunawan.

Gunawan menjelaskan, saat melakukan penyisiran pada sejumlah kantor ekspedisi dan jalur-jalur pengiriman pada pekan ini, Bea Cukai Malang juga melakukan pemeriksaan terhadap tiga kantor ekspedisi yang berada di wilayah Malang Raya.

Dari tiga kantor ekspedisi tersebut, lanjutnya, satu kantor ekspedisi yang berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang kedapatan melakukan pengiriman rokok ilegal. Barang penindakan itu berupa Barang Kena Cukai (BKC) Hasil Tembakau jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM).

Dari hasil penindakan tersebut, Bea Cukai Malang mengamankan sebanyak 6.090 bungkus atau setara dengan 121.800 batang rokok ilegal yang akan dikirim ke luar wilayah Kabupaten Malang.

"Dari hasil penindakan tersebut, ditaksir kerugian negara yang timbul mencapai Rp73 juta," ujarnya.

Tim Bea Cukai Malang kemudian membawa satu orang terperiksa berinisial NAK yang merupakan penanggung jawab pada kantor cabang jasa ekspedisi tersebut. Bea Cukai Malang akan melakukan pemeriksaan terhadap NAK.

Berdasarkan catatan Bea Cukai Malang, tren pengiriman rokok ilegal melalui jasa ekspedisi akhir-akhir ini sering terjadi. Sehingga, Bea Cukai Malang memperkuat pengawasan pada berbagai perusahaan jasa titipan di wilayah Malang Raya.

Langkah penguatan pengawasan tersebut merupakan bentuk komitmen Bea Cukai Malang dalam upaya untuk memutus mata rantai distribusi rokok ilegal.

"Kami mengimbau kepada para pengusaha jasa titipan agar tidak menerima pengiriman rokok yang tidak dilekati dengan pita cukai. Kami akan tindak tegas segala bentuk pelanggaran pada bidang cukai," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang rokok ilegal

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top