Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perputaran Uang Lebaran di Malang, BI Siapkan Rp4,3 Triliun

Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kelonggaran masyarakat untuk beraktivitas bahkan mudik disertai dengan penetapan cuti bersama.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, MALANG — Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau BI Malang menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,6 triliun, naik 6,98 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 4,3 triliun.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengatakan pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat menyambut Ramadan dan Idulfitri 1443 H sebesar itu seiring dengan semakin membaiknya perekonomian dan pandemi yang semakin terkendali.

“Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kelonggaran masyarakat untuk beraktivitas bahkan mudik disertai dengan penetapan cuti bersama, diperkirakan akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran baik tunai maupun nontunai,” katanya di Malang, Selasa (12/4/2022).

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menukarkan uang pada Ramadan dan Idulfitri 1443 H, kata dia, Kantor Perwakilan BI Malang membuka layanan penukaran uang melalui kas keliling ritel dengan jadwal sebanyak empat kali, yakni pada 7 dan 21 April 2022 di Markas Brimob Ampeldento Kabupaten Malang, serta tanggal 14 dan 28 April 2022 di Area Parkir Gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang.

“Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya pada kas keliling ritel harus terlebih dahulu mendaftar secara online di aplikasi PINTAR dengan alamat http://pintar.bi.go.id,” ucapnya.

Sistem tersebut digunakan untuk menghindari kerumunan dan memberi kemudahan bagi masyarakat dengan hanya menunjukan bukti pemesanan beserta KTP sebagai proses verifikasi.

Selain kas keliling ritel, dia menegaskan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang juga membuka layanan alternatif, yakni layanan penukaran uang melalui kas keliling drive thru.

“Layanan penukaran uang melalui loket perbankan dan Perbarindo,” ujarnya.

Layanan penukaran uang melalui kas keliling drive thru diselenggarakan selama empat hari, yakni pada 25-28 April 2022 bertempat di gedung Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Kegiatan ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin menukar uang secara praktis sambil berkendara. Kas keliling ritel maupun kas keliling drive thru memiliki jam operasional terbatas, yakni pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Untuk layanan penukaran uang melalui loket perbankan dan Perbarindo akan dilakukan secara serentak pada 25-28 April 2022 yang tersebar di berbagai kota/kabupaten, yakni Malang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo.

Dia menegaskan pula, Kantor Perwakilan BI Malang bekerja sama dengan perbankan dan perbarindo membuka 100 titik layanan penukaran di loket perbankan dan 39 titik layanan penukaran di loket Perbarindo. Dengan meluasnya titik penukaran, diharapkan kebutuhan masyarakat akan uang baru di berbagai lokasi dapat terpenuhi

Jumlah uang yang bisa ditukarkan oleh masyarakat pada 3 layanan yang telah disiapkan, yakni sebesar Rp3,7 Juta yang terdiri atas pecahan Rp20.000 hingga Rp2.000.

“Semua layanan yang disediakan bersifat gratis tanpa dipungut biaya,” dia menegaskan.

BI mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin cinta, bangga, dan paham rupiah. Hal ini tercermin juga dalam tema Ramadan/Idul Fitri yang diusung tahun ini yakni "Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah".

“Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H,” ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler