Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPN XII Targetkan Pendapatan 2022 Bisa Tembus Rp1,71 Triliun

PTPN XII sangat optimistis kinerja perusahaan dapat meningkat pada 2022 seiring dengan berlanjutnya tren pemulihan ekonomi nasional.
Pekerja melakukan proses pengasapan karet di pabrik pengolahan karet Kebun Glantangan milik PTPN XII, di Tempurejo, Jember, Jawa Timur, Minggu (3/3/2019)./ANTARA-Seno
Pekerja melakukan proses pengasapan karet di pabrik pengolahan karet Kebun Glantangan milik PTPN XII, di Tempurejo, Jember, Jawa Timur, Minggu (3/3/2019)./ANTARA-Seno

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII tahun ini memproyeksikan kinjera pendapatan bisa mencapai Rp1,71 triliun atau naik 2 persen dibandingkan capaian tahun lalu yakni Rp1,67 triliun.

Direktur PTPN XII, Siwi Peni mengatakan manajemen PTPN XII sangat optimistis kinerja perusahaan dapat meningkat pada 2022 seiring dengan berlanjutnya tren pemulihan ekonomi nasional. 

“Kami akan berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja melalui sejumlah strategi unggulan dalam mendukung transformasi yang selaras dengan program Holding Perkebunan Nusantara sebagai induk perusahaan,” katanya dalam rilis, Senin (31/1/2022).

Dia mengatakan memang tidak mudah bagi PTPN XII dalam mengejar target tersebut, sebab masih ada banyak tantangan bisnis yang harus dihadapi tahun ini, misalnya harga jual komoditi di pasar internasional yang fluktuatif, selera pasar terhadap mutu dan kualitas produk yang makin berkembang, hingga regulasi ekspor yang semakin ketat. 

“Ditambah lagi, pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan, keberadaan varian Omicron bisa kembali mengancam kemampuan mobilitas dan daya beli masyarakat yang notabene berdampak pada sektor ekspor,” Katanya.

Siwi menambahkan PTPN XII sendiri akan memperkuat kegiatan on farm atau kebun maupun off farm atau pengolahan pabrik, serata menerapkan disiplin Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk proses bisnis perkebunan dan pengolahan.

“Kami akan meningkatkan produktivitas tanaman dengan melakukan pemeliharaan sesuai standar norma serta penataan portofolio komoditas PTPN XII yang memiliki profitabilitas lebih baik seperti konversi tanaman kakao menjadi tebu, di mana perusahaan akan berhenti melakukan investasi pada komoditas yang memiliki performa kurang memuaskan,” jelasnya.

SEVP Business Support PTPN XII, Tri Septiono menambahkan, dari sisi pengelolaan biaya dan sumber daya manusia, perseroan akan melakukan restrukturisasi keuangan dan organisasi serta Cost Reduction Program diharapkan akan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

“Restrukturisasi keuangan merupakan program restrukturisasi hutang dan beban bunga perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, restrukturisasi organisasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi biaya tenaga kerja, sedangkan pengelolaan biaya melalui Cost Reduction Program sebagai efisiensi beberapa biaya yang tidak berpengaruh pada produktivitas tanaman,” jelasnya.

Selain itu, perseroan akan mengoptimalisasi aset perusahaan dengan melakukan kerja sama baik dengan sesama PTPN maupun mitra strategis lainnya, misalnya seperti bekerja sama dengan PTPN V terkait pendanaan untuk pengelolaan tanaman kopi arabika di PTPN XII yang berdasarkan hasil analisa memiliki prospek profitabilitas yang baik.

“Melalui kerja sama, harapannya dapat meningkatkan profitabilitas kopi arabika PTPN XII,” imbuhnya.

Adapun, PTPN XII yang merupakan anak perusahaan BUMN memiliki sejumlah komoditas unggulan yakni karet, kopi arabika, kopi robusta, kakao edel, kakao bulk, teh, dan tebu, serta aneka kayu dan hortikultura yang areal konsesinya tersebar di wilayah Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler