Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak Erupsi Semeru: Bank Jatim Lakukan Pendataan Nasabah Sektor Pertanian

Bank Jatim telah melakukan diskusi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator untuk menyiapkan kebijakan terhadap nasabah terdampak tersebut.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 12 Desember 2021  |  15:36 WIB
Dampak Erupsi Semeru: Bank Jatim Lakukan Pendataan Nasabah Sektor Pertanian
Warga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi. ANTARA FOTO - Zabur Karuru

Bisnis.com, BATU -  PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) tengah mendata nasabah kredit usaha yang terdampak erupsi Gunung Semeru terutama usaha sektor pertanian dan pertambangan.

Direktur Keuangan Bank Jatim, Ferdian Timur Satyagraha mengatakan Bank Jatim telah melakukan diskusi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator untuk menyiapkan kebijakan terhadap nasabah terdampak tersebut.

“Sekarang ini masih proses pendataan, kita sudah berkoordinasi dengan regulator, sempat diskusi dengan OJK dan beliau juga masih menunggu data terakhir,” ujarnya di sela-sela Media Gathering Bank Jatim, Minggu (12/12/2021).

Dia mengatakan nasabah kredit usaha tersebut tidak diperkirakan paling banyak bergerak di sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan juga usaha kecil tambang pasir.

Diketahui, erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 telah menimbulkan awan panas guguran (APG) yang berdampak pada warga sekitar termasuk lahan-lahan pertanian. Sebelumnya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Lumajang memperkirakan ada lebih dari 200 hektare lahan pertanian yang ada di Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro Lumajang mengalami gagal.

Sejumlah komoditas unggulan di Lumajang terutama yang ada di sekitar lereng gunung dan aliran sungai di antaranya adalah padi, palawija, dan sengon. Selain lahan pertanian dan kopi, juga banyak hewan ternak yang mati dan tidak bisa diselamatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank jatim gunung meletus Gunung Semeru
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top