Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program Jatim Bejo Telah Akomodir 1.578 UMKM

Pemanfaatan Jatim Bejo bisa semakin meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengadaan barang/jasa melalui optimalisasi digital, dan meningkatkan peran pelaku UMKM,
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 23 November 2021  |  16:26 WIB
Program Jatim Bejo Telah Akomodir 1.578 UMKM
Ecommerce. - alleywatch.com
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencatat program Jatim Bejo (Jatim Belanja Online) hingga Oktober 2021 telah mengakomodir sebanyak 1.578 UMKM atau penyedia produk dengan total sebanyak 27.728 produk.

Program Jatim Bejo merupakan upaya integrasi proses pengadaan barang/jasa secara digital melalui pemanfaatan e-marketplace guna meningkatkan kinerja usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) secara transparan.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan program Jatim Bejo diklaim telah mampu menjawab tantangan pemanfaatan platform perdagangan B2B (business to business e-commerce) di Indonesia yang terus meningkat, apalagi platform B2B e-commerce semakin populer digunakan pembeli dari kalangan pemerintah.

“Pemanfaatan Jatim Bejo bisa semakin meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengadaan barang/jasa melalui optimalisasi digital, dan meningkatkan peran pelaku UMKM,” ujarnya dalam rilis, Selasa (23/11/2021).

Dia mengatakan Pemprov Jatim sendiri telah memberikan penghargaan kepada OPD Jatim, pemkab/pemkot, jasa pengadaan makan dan minuman, sejumlah vendor maupun jasa sewa yang memiliki transaksi maupun total pesanan dengan jumlah terbanyak.

Gatot Pambudhi, Deputi Bidang Monev dan Pengembangan Sistem Informasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), mengatakan inovasi seperti Jatim Bejo tersebut layak direplikasi oleh provinsi lainnya untuk meminimalisir penyimpangan atau fraud.

“Harapan kami Program Jatim Bejo ini bisa replikasi ke daerah lain. Ini adalah inovasi yang bisa melibatkan UMKM karena adanya Jatim Bejo, produk UMKM bisa diakses melalui daring,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top