Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sembilan Ruas Jalan Menuju Bromo di Kecamatan Tosari Diperbaiki

Perbaikan jalan akses menuju destinasi turisme berkelas internasional itu didanai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) 2021.
Salah satu ruas jalan menuju Bromo di Kec. Tosari, Kab. Pasuruan, yang tengah diperbaiki./Istimewa
Salah satu ruas jalan menuju Bromo di Kec. Tosari, Kab. Pasuruan, yang tengah diperbaiki./Istimewa

Bisnis.com, PASURUAN — Sembilan ruas jalan menuju Gunung Bromo di Kec. Tosari, Kab. Pasuruan, diperbaiki dengan anggaran Rp16 miliar yang bersumber dari APBN.

Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Eko Bagus Wicaksono, mengatakan awal November diproyeksikan proyek-proyek pengerjaan perbaikan jalan tersebut selesai. Dengan selesainya pengerjaan proyek tersebut, pengunjung kawasan wisata Gunung Bromo-Tengger bakal semakin mudah menuju lokasi.

“Perbaikan jalan akses menuju destinasi turisme berkelas internasional itu didanai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) 2021,” katanya, Minggu (31/10/2021).

Ruas jalan yang diperbaiki meliputi Jalan Dingklik-Penanjakan, Dingklik-Lautan Pasir, Jalan Wonokitri-Sedaeng, Jalan Lingkar Pasar Wonokitri-Pendopo Agung, Jalan Tosari-Podokoyo, Jalan Wonokitri-Podokoyo, Jalan Wonomerto-Ngadiwono, Jalan Ngadirejo-Podokoyo, dan Jalan Tosari-Wonokitri

Menurut dia, PHJD di Kabupaten Pasuruan sudah berjalan selama tiga tahun berturut-turut. Dimulai 2019, Pemkab Pasuruan memperoleh bantuan dana dari hibah Australia sebesar Rp22 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk penanganan beberapa ruas menuju Gunung Bromo. Salah satunya, Tutur–Ngadirejo.

Pada 2020, bantuan Rp 21 miliar yang digunakan untuk melanjutkan jalur sebelumnya, yakni dari Ngadiwono menuju Tosari.

Sedangkan pada 2021, bantuan PHJD masuk tahap terakhir untuk kawasan tersebut dengan besaran Rp16 miliar dengan sasaran perbaikan Jalan Tosari menuju lautan pasir Gunung Bromo. Muaranya, untuk mendukung pariwisata Bromo sebagai bagian dari destinasi andalan nasional.

"Anggaran ini digunakan untuk mendukung pariwisata Bromo sebagai destinasi andalan nasional," ucapnya.

Eko menerangkan, perbaikan jalan akses wisata menuju Gunung Bromo bukanlah pekerjaan mudah. Selain medannya curam, angkutan material bangunan juga sangat sulit dan beresiko tinggi.

”Tapi alhamdulillah, semuanya bisa diatasi. Buktinya, pekerjaan sudah hampir selesai sebelum berakhirnya jadwal perbaikan," katanya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper