Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Khofifah Bakal Ajak UMKM Papua Ikut Pameran Dagang di Jatim

Langkah tersebut merupakan bentuk dukungan Jatim terhadap pengembangan pasar produk-produk asal Papua yang selama ini belum bisa menjangkau pasar lebih luas.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 04 Oktober 2021  |  20:59 WIB
Gubernur Khofifah Bakal Ajak UMKM Papua Ikut Pameran Dagang di Jatim
Penjaga stan UMKM kerajinan tangan menawarkan replika perahu tradisonal Papua kepada seorang pengunjung di halaman GOR Trikora Universitas Cenderawasih Jayapura, Papua, Rabu (29/9/2021). Berbagai pernak-pernik khas daerah Papua ditampilkan di sejumlah venue cabang olahraga untuk memeriahkan pagelaran PON Papua. - Antara/Indrayadi TH.

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berjanji akan mengundang pelaku UMKM di Jayapura Papua untuk ikut berpartisipasi dalam pameran dagang di Jawa Timur

Menurutnya, langkah tersebut merupakan bentuk dukungan Jatim terhadap pengembangan pasar produk-produk asal Papua yang selama ini belum bisa menjangkau pasar lebih luas.

Dia mengatakan UMKM di Papua memiliki produk yang sangat beragam seperti berbagai aksesoris dan hiasan berbahan baku lokal, bahan makanan dan minuman, peralatan rumah tangga serta produk pertanian bahkan varian batik motif khas Papua yang sangat progresif. 

“Salah satu yang paling banyak dicari adalah noken. Kemarin, saya juga membeli noken untuk oleh-oleh,  sarang semut,  sirup dan balsem pala. Produk-produk ini cukup banyak diminati," ujarnya dalam rilis kunjungan ke PON XX Papua, Senin (4/10/2021).

Khofifah mengatakan, potensi UMKM Papua sangat besar. Hanya saja, memang masih membutuhkan pendampingan dan bimbingan agar bisa meningkatkan kualitas olahan dan kemasannya  sampai ke  pemasarannya. Untuk itu, Ia akan turut mendorong pemasaran produk UMKM Papua melalui pameran dagang. 

"InsyaAllah, Jawa Timur akan ikut bantu pendampingan dan promosikan produk UMKM Papua melalui berbagai pameran dagang yang sering kami lakukan. Kita bisa saling mendukung dan menguatkan," imbuhnya. 

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Khofifah juga mengajak atlet dan official yang hadir di PON XX  untuk memborong produk lokal Papua. Hal tersebut juga sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian Papua dan kesuksesan PON XX Tahun 2021. 

"Setelah PON usai, sebelum kembali ke daerah masing- masing, kontingen seluruh Indonesia jangan lupa beli oleh-oleh khas Papua. Banyak produk kreatif lokal Papua yang bagus dan berkualitas," imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top