Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surabaya Jadi Pilot Project Wisata Medis, Berpotensi Gaet US$11 Miliar

Selama ini banyak warga Surabaya yang mendapatkan pelayanan medis di luar negeri
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi./Antararn
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi./Antararn

Bisnis.com, SURABAYA - Kota Surabaya terpilih menjadi pilot project wisata medis bersama dengan daerah lain yakni DKI Jakarta dan Medan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan setelah terpilih sebagai pilot project, pihaknya melakukan komunikasi dan berdiskusi dengan para rektor dan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) untuk mempersiapkan segala sesuatu guna pengembangan layanan kesehatan.

“Jadi, Insya Allah terkait dengan industri kesehatan di Kota Surabaya, kita akan melaunching pada 27 September 2021,” katanya dalam rilis, Jumat (18/9/2021).

Eri mengatakan terpilihnya Kota Surabaya menjadi pilot project wisata medis, akan membuat masyarakat yang sebelumnya berwisata atau berobat ke luar negeri, memilih layanan kesehatan di dalam negeri, terutama layanan kesehatan di Kota Surabaya.

“Semua tahapan-tahapannya sudah kita lakukan, tinggal kita menerapkan 3G yang disebut Pak Menparekraf Sandiaga Uno, yaitu gercep, geber, gas pol,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa selama ini banyak warga Surabaya yang mendapatkan pelayanan medis di luar negeri. Untuk itu ketiga daerah tersebut dipilih sebagai pilot project.

“Kita baru menetapkan tiga kota sebagai pilot project untuk wisata medis. Di tengah pandemi ini merupakan waktu yang tepat untuk menata ulang,” Katanya.

Sandiaga menjelaskan, melalui wisata medis, pemerintah ingin mendorong pelayanan industri medis di Indonesia agar lebih baik lagi dan tidak kalah dengan pelayanan di luar negeri. 

“Kita ingin masyarakat bisa menentukan pilihan untuk mendapatkan layanan kesehatannya di Indonesia, tidak perlu lagi ke luar negeri. Sehingga, sekitar US$11 miliar yang dibelanjakan oleh wisatawan Indonesia saat berwisata medis di luar negeri bisa di-capture oleh Surabaya,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) dan Menteri Kesehatan (Menkes) berencana untuk membentuk Indonesia Health Tourism Board (IHTB) untuk mengembangkan sektor wisata medis.

“Sehingga kita akan all out, kita akan gencar untuk memastikan bahwa layanan kesehatan terbaik bisa dihadirkan di Surabaya, Jakarta, dan Medan. Harapannya nanti akan diikuti oleh kota-kota lain sehingga potensi wisata medis ini bisa kita kembangkan,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler