Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Malang Bakal Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata

Para wisatawan yang akan melakukan wisata di Hawai Group harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
Ilustrasi wahana bermain air./Bisnis
Ilustrasi wahana bermain air./Bisnis

Bisnis.com, MALANG - Wilayah Kota Malang, Jawa Timur, menjadi salah satu daerah yang diperbolehkan untuk melakukan uji coba operasional pembukaan tempat wisata pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM) level 3.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (9/9/2021), mengatakan ada satu tempat wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut, yakni wisata Hawai Group.

"Ada arahan untuk Kota Malang menjadi percontohan pembukaan destinasi wisata, yaitu Hawai Group," kata Ida.

Ida menjelaskan seharusnya memang tempat wisata pada masa PPKM level 3 masih belum diperbolehkan untuk beroperasi. Namun, pemerintah pusat telah memberikan arahan untuk pelaksanaan uji coba operasional destinasi wisata di Kota Malang.

Uji coba operasional destinasi wisata tersebut, lanjutnya, akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, para wisatawan yang akan melakukan wisata di Hawai Group harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Tentunya itu dengan menerapkan protokol kesehatan, dan kemudian ada aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Ia menambahkan untuk tempat wisata lain di wilayah Kota Malang seperti kampung-kampung tematik, masih belum dilakukan uji coba operasional. Uji coba operasional tersebut, merupakan usulan penuh dari pemerintah pusat.

"Kita menunggu uji coba ini dulu. Kalau lancar, kemudian direkomendasikan boleh dibuka dengan sejumlah ketentuan, termasuk sudah divaksin," ujarnya.

Dengan rencana uji coba operasional Hawai Group yang ada di Kota Malang, berarti di wilayah Malang Raya ada tiga destinasi wisata yang akan dibuka. Dua tempat wisata yang ada di Kota Batu, yakni Jatim Park 2 dan Taman Rekreasi Selecta, juga akan melakukan uji coba tersebut.

Tempat wisata yang akan melakukan uji coba operasional tersebut berada di wilayah Kota Malang dan Kota Batu. Sementara destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang masih belum mendapatkan arahan untuk dilakukan uji coba operasional dari pemerintah.

Uji coba operasional tiga destinasi wisata di wilayah Malang Raya tersebut, merupakan program pemeritah pusat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kesehatan. Rencananya ada 20 destinasi wisata di Jawa-Bali yang akan diuji coba.

Tercatat, di wilayah Malang Raya, secara keseluruhan ada sebanyak 32.061 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 29.252 orang dilaporkan telah sembuh, 2.256 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper