Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gardu Induk Baru 150 Kv Sokong Listrik di Kawasan Industri Sidoarjo

Pembangunan Gardu Induk di Kawasan Industri Sidoarjo Jabon ini memang dipersiapkan untuk mendukung iklim investasi dan pengembangan industri di Jatim
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memastikan telah siap untuk memasok kebutuhan listrik untuk Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) di Kawasan Industri Sidoarjo (KIS) setelah merampungkan pemasangan energize atau beban pada Gardu Induk 150 kV KIS.

General Manager PLN UIP JBTB, Djarot Hutabri mengatakan sebelumya melalui Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Timur dan Bali (UPP JBTB) 2 telah melakukan pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV KIS dan dilanjutkan dengan pemasangan energize.

“Pembangunan GI 150 kV ini sudah dimulai sejak September tahun lalu dan berhasil dibangun dalam waktu satu tahun. Setelah tahap energize ini, maka akan segera dioperasikan dan diserahterimakan ke Unit Pengusahaan yaitu PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM),” jelasnya, Jumat (3/9/2021).

Dia mengatakan pembangunan GI 150 kV KIS yang berada di Desa Tambak, Kalisongo, Kecamatan Jabon ini dilakukan untuk menyuplai kebutuhan Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) atau pabrikan di Sidoarjo.

“Pembangunan Gardu Induk di Kawasan Industri Sidoarjo Jabon ini memang dipersiapkan untuk mendukung iklim investasi dan pengembangan industri di Jatim. Ini juga sudah ditandai dengan pembangunan pabrik di beberapa lokasi,” ujarnya.

Adapun trafo pada Gardu Induk KIS memiliki kapasitas 60 MVA. Kapasitas tersebut diyakini susah sangat cukup untuk menyuplai kebutuhan listrik dalam satu kawasan industri.

“Selain menyuplai segmen KTT seperti industri pengolahan baja, Gardu Induk KIS ini nanti juga siap untuk melayani pelanggan dengan tegangan menengah dan tegangan rendah, sebab tersedia trafo yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik,” imbuhnya.

GM PLN UID Jatim, Adi Priyanto menambahkan investasi pembangunan jaringan listrik yang terus dikembangkan PLN ini dilakukan untuk menyediakan pasokan listrik yang andal serta mendukung terciptanya iklim industri guna mendorong pertumbuhan ekonomi di masa yang akan datang.

“Kami memastikan juga bahwa keandalan pasokan listrik dari GI 150 kV KIS ini, karena telah tersambung dengan Gardu Induk yang ada di lokasi sekitar seperti GI 150 kV Bangil dan GI 150 kV New Porong,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper