Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Level Diperpanjang, KAI Daop 8 Sesuaikan Operasional KA

Persyaratan melakukan perjalanan sesuai SE Kemenhub no.58 tahun 2021, calon pelanggan usia dibawah 12 tahun untuk sementara dibatasi.
Situasi penumpang di salah satuan KAI Daop 8 selama masa pandemi./Istimewa
Situasi penumpang di salah satuan KAI Daop 8 selama masa pandemi./Istimewa


Bisnis.com, MALANG — PT KAI (Persero) Daop 8 Surabaya melakukan penyesuaian-penyesuaian operasional KA terkait dengan diperpanjangnya PPKM Level.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan penyesuaian dimaksud terkait operasional perjalanan KA dan juga persyaratan calon pelanggan. Penyesuaian tersebut untuk mengakomodasi para pelanggan yang membutuhkan mobilitas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Persyaratan melakukan perjalanan sesuai SE Kemenhub no.58 tahun 2021, calon pelanggan usia dibawah 12 tahun untuk sementara dibatasi,” katanya dalam keterangan resminya, Selasa (10/8/2021).

Intinya, pelanggan tersebut dapat berangkat jika memiliki kebutuhan mendesak dengan melampirkan surat keterangan seperti dari pemerintah setempat (rt/rw), rumah sakit, sekolah, atau lainnya.

"Pembatasan ini bertujuan untuk menekan angka paparan Covid-19 terhadap usia anak-anak dan komitmen KAI dalam mendukung langkah Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui PPKM," ucapnya.

Syarat pelanggan untuk KA jarak jauh, yakni diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksinasi (min dosis 1), hasil negatif RT-PCR (2x24jam) atau RT-Antigen (1x24jam), pelanggan usia dibawah 12 tahun dibatasi untuk sementara, pelanggan dibawah 18 tahun, tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin; dan
pelanggan dibawah 5 tahun tidak diwajibkan RT PCR maupun Antigen.

Untuk persyaratan pelanggan KA lokal hanya dikhususkan untuk sektor esensial dan kritikal, yang dibuktikan dengan STRP atau surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh Pemda setempat atau surat tugas dari pimpinan perusahaan. Pelanggan KA lokal tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin maupun hasil negatif RT PCR/Antigen.

Luqman Arif memastikan, petugas akan melakukan pemeriksaan secara ketat persyaratan yang harus dipenuhi para pelanggan. Jika kedapatan tidak memenuhi persyaratan, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100 persen.

Selain itu, untuk menjaga physical distancing, KAI hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas maksimal tempat duduk. Pelanggan juga tetap wajib mematuhi protokol kesehatan serta menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak baik saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan.

"PT KAI mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah pada masa pandemi untuk menekan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Daftar KA jarak jauh yang beroperasi di Daop 8 Surabaya selama masa perpanjangan PPKM Leve, 6-16 Agustus 2021, yakni keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi: KA Maharani (Surabaya Pasarturi - Semarang Poncol),

KA Argo Anggrek (Surabaya Pasarturi - Gambir), KA Sembrani (Surabaya Pasarturi - Gambir), KA Harina (Surabaya Pasarturi - Bandung) beroperasi tanggal 13 – 15 Agustus.

Keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng, yakni KA Probowangi (Surabaya Gubeng - Ketapang), KA Argowilis (Surabaya Gubeng - Bandung), KA Turangga (Surabaya Gubeng - Bandung), KA Jayakarta (Surabaya Gubeng - Pasar Senen), KA Sritanjung (Ketapang - Surabaya Gubeng - Yogyakarta), KA Bima (Surabaya Gubeng - Gambir) beroperasi 10-16 Agustus.

Keberangkatan dari Stasiun Malang, yakni KA Gajayana (Malang - Gambir), KA Tawangalun (Malang - Ketapang), KA Jayabaya (Malang - Surabaya Pasarturi - Pasar Senen), KA Malabar (Malang - Bandung) beroperasi 13-15 Agustus.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper