Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Khofifah Minta Kota/Kabupaten Beri Akses untuk Koperasi UMKM

salah satu akses bagi koperasi dan UMKM yang bisa dilakukan adalah melibatkan para pelaku UMKM dalam setiap evemt atau kegiatan baik nasional maupun internasional
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  11:09 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di antara siswa di Jawa Timur. - Instagram @khofifah.ip
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di antara siswa di Jawa Timur. - Instagram @khofifah.ip

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta Dinas Koperasi dan UMKM baik di provinsi dan kota/kabupaten untuk mengoptimalkan akses penguatan permodalan hingga perluasan pasar untuk UMKM.

Dia mengatakan, koperasi dan UMKM yang pada kuartal I lalu memberi kontribusi 57,25 persen terhadap PDRB Jatim perlu terus didorong agar mampu berkembang, bahkan sampai pasar global.

“Untuk itu, saya mendorong agar dinas koperasi di provinsi, kabupaten/kota agar memberikan akses seluas luasnya. Utamanya dalam mengembangkan varian dan kualitas produk, penguatan SDM dan permodalan,” katanya dalam rilis, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, salah satu akses bagi koperasi dan UMKM yang bisa dilakukan adalah melibatkan para pelaku UMKM dalam setiap evemt atau kegiatan baik nasional maupun internasional.

“Ini seperti Agustus mendatang, Jatim akan menjadi tuan rumah program nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang akan dikoordinasi oleh BRI bersama Bank Indonesia. Saya berharap UMKM kita bisa ikut dengan ditambah semangat heroik Jatim Bangkit sangat tepat,” ujarnya.

Akses lain yang dibutuhkan koperasi dan UMKM adalah pengurusan izin, terutama usaha makanan dan minuman yang sangat membutuhkan izin pangan industri rumah tangga (PIRT), BPOM, hingga sertifikasi halal.

Adapun hingga saat ini di Jatim tercatat ada 22.834 koperasi aktif dan 9,78 juta UMKM. Pemprov Jatim juga kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan dana bergulir (dagulir) di Malang kepada 12 pelaku koperasi dan UMKM dengan total Rp2,295 miliar.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm khofifah
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top