Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengguna Listrik di Jatim Meningkat

Diprediksi ke depannya penambahan ini akan terus bertambah dan tak hanya pelanggan tegangan menengah namun merata dari rendah hingga tinggi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Mei 2021  |  16:15 WIB
Ilustrasi. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SURABAYA - Program stimulus dari pemerintah telah mendongkrak pengguna listrik di Jawa Timur, yang terlihat dari pendaftaran beberapa pelanggan baru di wilayah itu.

Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Fintje Lumembang di Surabaya, Rabu (12/5/2021), mencatat hingga minggu pertama Mei 2021, sejumlah 88 pelanggan telah melakukan pasang baru dan tambah daya dengan total daya hingga 94,9 MVA.

Hal ini terjadi untuk pelanggan menengah, di antaranya yang terbaru adalah PT Cort Indonesia, pelanggan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mojokerto yang melakukan tambah daya dari 1.110 kVA ke 2.180 kVA.

Untuk kategori pelanggan tegangan menengah, penambahan pelanggan maupun daya didominasi tarif bisnis dan industri.

"Di awal Mei 2021 ini ada penambahan 10 pelanggan dengan total daya 11.471 kVA. Hal ini menunjukkan perbaikan dibanding dengan tahun lalu," kata Fintje.

Ia memprediksi ke depannya penambahan ini akan terus bertambah dan tak hanya pelanggan tegangan menengah namun merata dari rendah hingga tinggi.

"Memang peningkatan penggunaan tenaga listrik mulai menampakkan geliatnya, yang dapat dikatakan sebagai salah satu indikator adanya geliat ekonomi," katanya.

Oleh karena itu, PLN berkomitmen untuk terus melayani kebutuhan listrik seluruh pelosok negeri mulai dari rumah tangga, sosial, bisnis dan industri.

Untuk mendukung penambahan pelanggan itu, Jawa Timur disokong oleh daya mampu sebesar 9.217 MW dengan beban puncak 5.542 MW dan cadangan daya 2.786 MW.

"Dengan kondisi daya yang cukup, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan listrik yang handal dan terjaga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Program-program pemerintah di sektor kelistrikan antara lain stimulus listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, program electrying lisfestyle & agriculture, peningkatan pelayanan melalui PLN Mobile & Contact Center 123, hingga kemudahan mendapatkan listrik melalui berbagai promo layanan menarik

"Berbagai program ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan dari berbagai daya dan golongan tarif, baik tegangan rendah, menengah maupun tinggi," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN jatim

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top