Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayam Potong dan Telur Pemicu Utama Inflasi Kota Malang

Tingkat inflasi tahun kalender April 2021 sebesar 0,22 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (April 2021 terhadap April 2020) sebesar 1,48 persen.
Ilustrasi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, MALANG — Kenaikan harga telur dan ayam potong menjadi pemicu utama inflasi di Kota Malang pada April yang mencapai 0,10 persen.

Kepala BPS Kota Malang Erny Fatma Setyoharini mengatakan delapan komoditas lain yang memberikan andil terbesar inflasi pada April 2021, yakni pisang, anggur, daging sapi, cabai merah, bubur, bakso siap santap, semangka, dan sepeda anak.

“Tingkat inflasi tahun kalender April 2021 sebesar 0,22 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (April 2021 terhadap April 2020) sebesar 1,48 persen,” katanya di Malang, Senin (3/5/2021).

Pada April 2021 dari 11 kelompok pengeluaran, kata dia, 9 kelompok memberikan andil/sumbangan inflasi, 1 kelompok memberikan andil/sumbangan deflasi, dan 1 kelompok tidak memberikan andil/sumbangan terhadap inflasi.

Kelompok pengeluaran yang memberikan andil/sumbangan inflasi yaitu kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,34 persen, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,30 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman sebesar 0,29 persen.

Juga kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin sebesar 0,18 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,08 persen; kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,07 persen; kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar sebesar 0,07 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,02 persen; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen.

“Sedangkan kelompok yang mengalami deflasi adalah kelompok transportasi sebesar 0,04 persen,” ucapnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper