Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sanksi Menanti Pemudik Nekat Terobos Tujuh Pos Penyekatan di Jatim

Kendaraan yang diperbolehkan jalan hanya kendaraan petugas, logistik, bahan sembako, bbm, pengangkut alkes dan ekspedisi.
Titik penyekatan mudik di Jawa Timur.
Titik penyekatan mudik di Jawa Timur.

Bisnis.com, SURABAYA - Polda Jawa Timur menggelar tujuh titik penyekatan pada masa mudik Lebaran 2021.

Dirlantas Polda Jawa Timur Kombespol Latif Usman memaparkan ada tujuh titik penyekatan perbatasan Jawa Timur. Lokasinya yakni perbatasan Tuban-Rembang, perbatasan Bojonegoro-Cepu, perbatasan Ngawi Matingan-Sragen, perbatasan jalur tol Ngawi-Solo, perbatasan Magetan-Karanganyar, perbatasan Pacitan Donorojo-Wonogori, perbatasan pelabuhan Katapang Banyuwangi-Gilimanuk Bali.

Dalam paparan yang operasi Ketupat Semeru 2021, Kombespol Latif Usman menjelaskan ada sejumlah fase cara bertindak dalam operasi kali ini. Beberapa poin pokoknya, sosialisasi, penyiapan rekayasa lalu lintas, pendirian pospam, persiapan ruang isolasi dan menggelar rapid test antigen di pos penyekatan.

"Kendaraan yang diperbolehkan jalan hanya kendaraan petugas, logistik, bahan sembako, bbm, pengangkut alkes dan ekspedisi," jelasnya dikutip dari bahan paparan, Senin (3/5/2021).

Adapun untuk kendaraan pribadi dilakukan pemeriksaan kendaran dan identitas. Apabila kendaraan umum maka sanksinya ditambah pencabutan izin trayek koordinasi dengan dinas terkait.

"Kendaraan yang bertujuan untuk mudik akan diputar balikkan, untuk bekerja harus ada surat tugas dari kantor," jelasnya.

Sementara bagi pemudik yang memaksa menerobos untuk melaksanakan mudik maka akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku sesuai UU Karantina No.6/2018.

Sementara kantor berita Antara mengabarkan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap menggelar Operasi Ketupat 2021 yang mulai dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 17 Mei, guna menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib pada Ramadhan hingga Idul Fitri 1442/Hijriah di masa pandemi Covid-19.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (3/5/2021), menyebutkan, dalam Operasi Ketupat ini Polri melalui Korlantas Polri menyiapkan 333 titik penyekatan untuk mengantisipasi mudik lebaran.

"333 titik penyekatan telah disiapkan dan tersebar sepanjang wilayah dari Lampung hingga Bali," kata Ramadhan.

Ia menjelaskan, 333 titik penyekatan itu merupakan titik-titik "check point" yang disiapkan oleh aparat kepolisian yang tersebar di beberapa perbatasan provinsi dan perbatasan kabupaten.

"Juga di titik-titik penyekatan di jalan arteri ataupun di jalan tol," ujarnya.

Ramadan juga menyampaikan, sebelum Operasi Ketupat dilaksanakan, Polri telah melaksanakan Operasi Keselamatan 2021 yang digelar dari tanggal 12 sampai 25 April 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper