Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Daging Ayam Melambung, Pemprov Jatim akan Cek Sentra Peternakan

Pemprov Jatim tengah berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan juga sentra-sentra peternakan ayam seperti di Blitar untuk memastikan penyebab naiknya harga hingga pasokan untuk kebutuhan Lebaran
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA - Menjelang Ramadan tahun ini harga daging ayam di pasar-pasar Jawa Timur terus merangkak naik menjadi Rp39.600/kg bahkan mencapai Rp46.000 di wilayah Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Drajat Irawan mengatakan saat ini Pemprov Jatim tengah berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan juga sentra-sentra peternakan ayam seperti di Blitar untuk memastikan penyebab naiknya harga hingga pasokan untuk kebutuhan Lebaran.

“Ini sedang kita koordinasikan karena pergerakan harganya naik mulai 1 April dari Rp33.000/kg lalu menjadi Rp35.000 dan sekarang rata-rata Jatim menjadi Rp39.000/kg,” katanya, Selasa (13/4/2021).

Dia mengatakan naiknya harga daging ayam di pasaran ini diperkirakan karena adanya permintaan tinggi menjelang bulan puasa. Selain itu diperkirakan ada keterbatasan DOC atau bibit ayam, serta akibat penyakit karena iklim dan cuaca.

“Untuk itu kita segera memastikan dan sekaligus koordinasi dengan produsen ayam agar stabilitas harga pangan bisa terjaga,” katanya.

Namun begitu, lanjut Drajat, sejumlah komoditas pangan seperti beras, gula, bawang Merah, bawang putih dan cabai masih tergolong stabil. Pemprov Jatim sendiri sudah melakukan koordinasi dengan pemkab/pemkot agar menyiapkan strategi menjaga stabilitas harga.

“Dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) ini memang kita menyiapkan beberapa agenda seperti menyiapkan ketersediaan sembako dan cek harga, lalu kita menyatukan data-data yang diperlukan bersama dengan Satgas Pangan dari Polda Jatim dan Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan dan Dinas Pertanian,” imbuhnya.

Menurutnya untuk harga beras sendiri masih cukup stabil dengan kisaran Harga Rp11.000/kg untuk beras premium dan Rp9.000/kg untuk beras medium. Sedangkan untuk gula juga cukup stabil sekitar Rp12.000/kg, telur Rp23.000/kg, minyak goreng Rp12.000 dan cabai rawit yang mulai cenderung turun.

“Kemarin cabai rawit masih tinggi, lalu berangsur turun menjadi Rp80.000/kg dan saat ini menjadi Rp60.000/kg. Ini juga karena ada pergerakan panen di sentra produksi cabai seperti di Blitar, Kediri, Malang, dan Bojonegoro,” imbuhnya.

Adapun berdasarkan pantauan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim per 13 April 2021, harga daging ayam broiler rerata mencapai Rp39.600/kg atau sudah di atas harga normal yakni Rp34.000/kg. Harga tertinggi terjadi di Sumenep Rp46.000/kg dan terendah terjadi di Trenggalek Rp36.500/kg.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper