Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Gunung Kelud Segera Dibuka Kembali

Dan tidak hanya Kelud, beberapa tempat wisata lainnya akan kami berikan relaksasi ben ekonomi Kediri segera bangkit, kata Hanindhito.
Jalur menuju puncak Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut) yang ada di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur./Antara
Jalur menuju puncak Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut) yang ada di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur./Antara

Bisnsi.com, SURABAYA - Pemerintah Kabupaten Kediri segera membuka destinasi alam wisata Gunung Kelud setelah setahun terakhir ditutup guna menekan persebaran Covid-19.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan pandemi Covid-19 memukul perekonomian seluruh sektor, tak terkecuali pariwisata. "Satu minggu ke depan, wisata Gunung Kelud akan dibuka dengan prokes yang ketat," ujarnya, Minggu (4/4/2021).

Bupati melakukan kunjungan ke kawasan Gunung Kelud, Sabtu (3/4/2021) dan menyempatkan diri mendengar aspirasi warga. Termasuk melihat tekad warga beraktivitas normal kembali, karena hampir satu tahun destinasi alam andalan Kediri tersebut ditutup.

"Dan tidak hanya Kelud, beberapa tempat wisata lainnya akan kami berikan relaksasi ben ekonomi Kediri segera bangkit," tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, beberapa tahun terakhir menggulirkan perbaikan infrastruktur di kawasan Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut) yang ada di Kecamatan Ngancar turut menunjang peningkatan kunjungan wisatawan.

Pascaerupsi pada 2014, pemerintah kabupaten terus berupaya melakukan perbaikan termasuk infrastruktur. Beberapa titik jalan menuju ke bagian kawah Gunung Kelud rusak akibat erupsi gunung tersebut, sehingga perbaikan dilakukan untuk memudahkan wisatawan yang ingin menuju ke lokasi.

Selama ini, wisatawan dibatasi hingga di rest area kedua menggunakan kendaraan pribadi. Di lokasi itu, hanya sekitar beberapa kilometer sebelum menuju kawah gunung. Jalur ke tempat tersebut masih rusak, sehingga membahayakan pengguna jalan yang tidak terbiasa.

Wisatawan diizinkan menuju ke bagian kawah Gunung Kelud, mengingat saat ini statusnya aktif normal. Mereka bisa jalan kaki maupun memanfaatkan jasa angkutan ojek yang ada di rest area. Sopir ojek adalah warga sekitar yang memang sudah paham akan medan.

Selain perbaikan infrastruktur, pemerintah juga mengadakan berbagai macam acara agar wisatawan semakin banyak yang berkunjung ke wisata Gunung Kelud. Pemkab mengadakan festival Gunung Kelud dengan berbagai macam acara seperti pameran buah, festival jaranan, parade band pelajar, pameran dan bazar UMKM, dan sejumlah agenda lainnya.

Di sekitar Gunung Kelud, juga terdapat berbagai macam destinasi wisata lainnya, sehingga semakin banyak pilihan berwisata seperti petik buah stroberi, taman bunga di Taman Agro Margomulyo, wisata petik nanas, kebun anggrek, dan berbagai wisata alam lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper