Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Eceran di Malang Diperkirakan Tumbuh 18,53 Persen

Pertumbuhan penjualan secara bulanan diperkirakan terjadi pada beberapa kelompok komoditas.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  10:00 WIB
Pengunjung mengamati lukisan berjudul
Pengunjung mengamati lukisan berjudul "Sstt..." karya seniman David Sugiarto yang dipajang dalam pameran bertajuk Dinner Party-Senitorium X di Aula Dewan Kesenian Malang, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Pameran yang berlangsung selama enam hari tersebut menampilkan puluhan karya lukisan dan seni instalasi dari tujuh seniman dengan tema kritik sosial terhadap budaya pangan masyarakat. - Antara/Ari Bowo Sucipto.

Bisnis.com, MALANG — Penjualan eceran di Malang pada Maret diperkirakan tumbuh 18,53 persen mengacu Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia Malang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang mengatakan pertumbuhan sebesar itu meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada Februari 2021 sebesar 3,32 persen (mtm).

“Share omzet penjualan eceran didominasi oleh kelompok kendaraan sebesar 53,68 persen, diikuti oleh kelompok bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 16,01 persen, dan suku cadang dan aksesoris sebesar 11,82 persen,” katanya di Malang, Jumat (26/3/2021).

Menurut dia, pertumbuhan penjualan secara bulanan diperkirakan terjadi pada beberapa kelompok komoditas. Kategori kelompok kendaraan tercatat mengalami peningkatan sebesar 28,11 persen (mtm) meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada bulan Februari 2021 sebesar 4,02 persen (mtm).

Sentimen pemberlakukan PPnBM 0 persen dan pelonggaran uang muka Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) hingga 0 persen turut mendorong daya beli masyarakat.

Kelompok barang lainnya, kata dia, mengalami peningkatan sebesar 21,33 persen (mtm) meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada Februari 2021 yang tercatat sebesar 8,59 persen (mtm).

Peningkatan di kelompok barang lainnya disumbang oleh sektor kosmetik. Hal ini juga dikonfirmasi oleh contact liaison yang menyatakan peningkatan permintaan produk personal care.

Selain itu, kelompok makanan, minuman dan tembakau tercatat tumbuh positif sebesar 12,24 persen (mtm) meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada bulan Februari 2021 yang terkontraksi sebesar -6,82 persen (mtm).

Pasokan yang terjaga serta daya beli masyarakat yang mulai pulih seiring dengan peralihan PPKM menjadi PPKM Mikro pada Maret 2021, Azka menilai, turut menyumbang peningkatan tersebut.

Pada Maret 2021 harga diperkirakan relatif stabil. KPw Bank Indonesia Malang terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah daerah melalui TPID guna menjaga stabilitas kelompok komoditas tersebut.(K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top