Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Tawari Perancis Kerja Sama Bidang Fesyen Halal

Saat ini industri halal sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Maka, dengan mengangkat industri halal khususnya di bidang fesyen dan mode akan mampu meningkatkan sektor ekonomi kedua negara.
Ilustrasi./Antara-Rosa Panggabean
Ilustrasi./Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parwansa menawarkan kerja sama bidang museum, fesyen dan mode halal kepada Pemerintah Perancis karena Indonesia dinilai memiliki potensi yang besar.

Dia mengatakan data Global Islamic Economy Rating Indicator Tahun 2020/2021 menunjukkan bahwa Industri Fashion dan Mode Halal Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia. 

"Saat ini industri halal sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Maka, dengan mengangkat industri halal khususnya di bidang fesyen dan mode akan mampu meningkatkan sektor ekonomi kedua negara. Terlebih, mode juga berkaitan dengan kultur, budaya dan ekonomi,” katanya dalam rilis, Rabu (24/3/2021).

Dia mengatakan Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar dunia termasuk Jatim yang memiliki pesantren 6.000 lebih yang dikuatkan dengan adanya One Pesantren One Produk (OPOP). 

Selain itu, lanjutnya, Jatim juga memiliki potensi besar yang didukung dengan banyaknya UKM dan IKM di bidang fesyen. Sementara, Kota Paris di Negara Perancis merupakan kiblat mode dan fesyen dunia.

"Kami optimis akan terjalin kerja sama yang baik antara Jatim dan Perancis di bidang industri halal fesyen dan mode. Apalagi, kita tahu Kota Paris di Perancis adalah pusat fesyen dan mode, jadi kerja sama ini sangat potensial,” imbuhnya.

Khofifah yang mendapat kunjungan Duta Besar Perancis untuk Indonesia Y.M. Olivier Chambard pada 24 Maret 2021 juga menambahkan pihaknya juga menawarkan kerja sama bidang kebudayaan dan pariwisata melalui revitalisasi museum yang berkaitan dengan kebesaran Kerajaan Majapahit.

“Harapannya museum ini bisa menjadi sarana wisata yang mampu mengedukasi masyarakat luas dan dunia,” imbuhnya.

Duta Besar Perancis Mr. Olivier Chambard mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama yang ditawarkan Gubernur Khofifah baik di bidang industri halal, maupun teknologi kapal selam serta penelitian, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.

“Nanti bisa kita kembangkan kerjasama terutama untuk museum-museum yang ada di Jatim,” imbuhnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper