Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Janji Wali Kota Eri untuk Surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota terpenting bagi Indonesia sebagai hub ekonom.
Pelantikan Walikota Surabaya Eri Cahyadi / istimewa
Pelantikan Walikota Surabaya Eri Cahyadi / istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya yang baru dilantik, Eri Cahyadi menjanjikan percepatan pemulihan ekonomi terbesar kedua di Pulau Jawa itu secepat mungkin. 

Eri Cahyadi dilantik sebagai Wali Kota Surabaya bersama wakilnya Armudji oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya pada Jumat (26/2/2021) .

Setelah pelantikan, Eri mengatakan Pemkot Surabaya akan segera melakukan percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi dengan menggandeng kalangan pengusaha seperti Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya.

A world-class business environment, itulah Surabaya ke depan. Ekosistem bisnis di Surabaya harus kelas dunia. Apa saja itu ekosistem bisnis? Mulai dari SDM, infrastruktur, sistem perizinannya, kesiapan tenaga kerja, dukungan pemerintah, dan sebagainya. Semuanya harus berkelas dunia, dan kemudahan berbisnis di Surabaya terus kita tingkatkan," Katanya, Jumat (26/2/2021).

Dia mengatakan, sinergitas antara pemerintah kota dengan pengusaha adalah hal wajib. Sebab dengan begitu dunia usaha akan tetap bisa bergeliat dan membuka lapangan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.

"Apalagi dalam konteks menghadapi dampak pandemi Covid-19 ini butuh sinergi pemerintah dan dunia usaha, sehingga kita bisa buka kembali lapangan kerja untuk rakyat," ujar mantan Kepala Bappeko Surabaya itu.

Eri menjelaskan, ada dua paradigma pemerintah dalam memandang dunia usaha. Pertama, paradigma direct income, yaitu dunia usaha hanya dipandang sebagai kontributor PAD. Kedua, paradigma indirect income, yaitu memandang dunia usaha sebagai penggerak perekonomian yang bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat.

"Saya memilih tidak memandang setiap aktivitas dunia usaha sebagai unit penerimaan yang harus memberi PAD ke pemerintah, tapi kita tekankan bahwa aktivitas dunia usaha memberi indirect income, yaitu rakyatnya sejahtera, pendapatan warga melonjak, lapangan kerja terbuka, rakyat bahagia. Itulah tujuan kita ke depan, sehingga mari bergandengan tangan terus memajukan Surabaya,” imbuhnya.

Ketua Kadin Surabaya, M. Ali Affandi mengatakan kalangan pengusaha menyambut rencana kerja Walikota Surabaya yang baru dilantik ini. Pengusaha sangat mendukung dan siap bersinergi dengan pemerintah dalam memulihkan ekonomi yang sempat terpukul oleh pandemi.

”Kami mendukung Pemkot Surabaya selama 5 tahun ke depan, dan dunia usaha siap bersinergi,” katanya.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Surabaya, M. Luthfi menambahkan ke depan pemimpin Surabaya ini harus terus menggerakkan ekonomi Kota Pahlawan dengan berbasis pada kewirausahaan kaum muda.

”Generasi muda di Surabaya jumlahnya banyak, anak muda ini sangat kaya akan koneksi, energi, dan waktu. Harapan Hipmi Surabaya adalah Walikota Eri Cahyadi bisa mulai menghidupkan ekonomi kota melalui program berbasis pengusaha muda,” ujarnya.

Menurutnya, kewirausahaan kaum muda sangat potensial untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi. Sebab, jika usaha satu anak muda dapat mempekerjakan 4-5 karyawan, maka akan ada efek domino dalam perekonomian.

“Dari bertumbuhnya usaha-usaha anak muda tentunya akan mendongkrak ekonomi Surabaya,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper