Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Kawasan Prioritas PPKM Mikro di Jatim

Khofifah Indar Parawansa, mengatakan PPKM Mikro di Jawa Timur ini telah memiliki modal sosial atau program yang telah dirintis sejak delapan bulan lalu.
Ilustrasi PPKM mengurangi aktivitas masyarakat./Antara
Ilustrasi PPKM mengurangi aktivitas masyarakat./Antara

Bisnis.com, MADIUN - Tiga kawasan di Jawa Timur akan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat mikro, yakni Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya.

PPKM Mikro ini akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 22 Februari 2021. Pelaksanaan PPKM tingkat mikro ini merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Mengingat kasus peningkatan positif Covid-19 di tiga wilayah itu masih tinggi.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan PPKM Mikro di Jawa Timur ini telah memiliki modal sosial atau program yang telah dirintis sejak delapan bulan lalu. Program itu adalah Kampung Tangguh Semeru.

“Jadi kami berkomitmen melaksanakan PPKM Mikro melalui salah satu embrio yang dimiliki sejak delapan bulan lalu yaitu Kampung Tangguh,” kata Khofifah saat meninjau lokasi Kampung Tangguh Semeru di Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Minggu (7/2/2021).

Dia menuturkan Kampung Tangguh Semeru (KTS) ini merupakan inovasi yang diciptakan Polda Jatim bersama Pemprov Jatim, Kodam V Brawijaya, serta pemerintah kota/kabupaten di Jatim.

Program ini berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong royong dalam penanganan Covid-19.

Gubernur Jatim menyebut inovasi ini sesuai dengan rekomendasi WHO bahwa penanganan Covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Kampung Tangguh yang sudah ada di Jatim ini tentunya adalah suatu bentuk kearifan lokal yang akan membantu masyarakat melaksanakan edukasi protokol kesehatan Covid-19,” jelas Khofifah yang dikutip dari siaran pers.

Menurutnya kebersamaan dalam pelaksanaan Kampung Tangguh akan menciptakan empathy building dan social bonding untuk memutus rantai penularan virus corona.

Jumlah KTS di Jawa Timur per tanggal 7 Februari 2021 mencapai 3.160 KTS. Jumlah ini diklaim akan terus bertambah.

Berdasarkan Inmendagri No. 3 tahun 2021, Jawa Timur termasuk daerah yang mendapatkan instruksi untuk pelaksanaan PPKM Mikro dengan daerah prioritas Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Jalil
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper