Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Jatim Tuntas

Sebanyak 10 daerah yang sudah melaksanakan vaksinasi tahap pertama yaitu Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Jember, Ponorogo, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, Kota Mojokerto dan Kota Kediri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Februari 2021  |  20:47 WIB
Petugas medis menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum disuntikkan pada tenaga kesehatan di Klinik Universitas Brawijaya, Jawa Timur, Selasa (2/2/2021). Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 provinsi Jatim menargetkan vaksinasi pada tenaga kesehatan di wilayah tersebut rampung pada minggu ketiga bulan Februari 2021 mendatang. - Antara/Ari Bowo Sucipto.
Petugas medis menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum disuntikkan pada tenaga kesehatan di Klinik Universitas Brawijaya, Jawa Timur, Selasa (2/2/2021). Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 provinsi Jatim menargetkan vaksinasi pada tenaga kesehatan di wilayah tersebut rampung pada minggu ketiga bulan Februari 2021 mendatang. - Antara/Ari Bowo Sucipto.

Bisnis.com, SURABAYA - Program vaksinasi untuk mencegah bertambahnya kasus Covid-19 tahap dan dosis pertama di Jawa Timur telah menuntaskan 100 persen untuk 10 kabupaten/kota.

“Vaksinasi dosis pertama ditujukan kepada tenaga kesehatan yang terdaftar, dan sudah tuntas pelaksanaannya di 10 daerah,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Sabtu (6/2/2021).

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Jatim per 5 Februari 2021, sebanyak 10 daerah yang sudah melaksanakan vaksinasi tahap pertama yaitu Sidoarjo, Gresik, Tulungagung, Jember, Ponorogo, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, Kota Mojokerto dan Kota Kediri.

Secara keseluruhan, di Jatim terdapat 185.860 sasaran vaksinasi berdasarkan alokasi vaksin yang diterima (dua dosis), yang mana 157.959 tenaga kesehatan telah divaksinasi (dosis pertama).

“Semangat percepatan ini harus terus dipertahankan sampai seluruh penduduk di Jawa Timur divaksinasi sehingga penyebaran Covid-19 dapat terkendali,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim itu.

Kendati vaksinasi dosis satu kepada tenaga kesehatan di 10 daerah selesai, Khofifah mengingatkan bahwa perlindungan terhadap Covid-19 ini harus berlapis dan tetap dikawal dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Vaksinasi, kata dia, diharapkan mampu dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di Jatim.

“Meskipun vaksinasi telah dilakukan, sebelum kekebalan komunitas terbentuk maka kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus terus ditingkatkan,” katanya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu berterima kasih kepada seluruh warga yang telah berupaya keras meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan selama PPKM ini sehingga didapatkan hasil signifikan.

“Saya harap vaksinasi berseiring dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan mampu memberikan perlindungan berlapis pada masyarakat Jatim,” tutur Khofifah.

Sementara itu, dalam rangka percepatan vaksinasi, Gubernur Khofifah telah mempersiapkan logistik, sumber daya manusia dan melakukan kunjungan di beberapa titik vaksinasi untuk memantau secara langsung pelaksanaannya.

Dalam dua pekan terakhir, tampak bahwa cakupan vaksinasi tenaga kesehatan di Jawa Timur telah naik signifikan dari angka 8,6 persen menjadi 84,99 persen.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Vaksin Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top