Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Jatim Sasar Tiga Daerah Prioritas

Surat dari Kementerian Kesehatan bahwa prioritas tahap pertama vaksin Sinovac ini adalah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.
Vaksin Sinovac./ugm.ac
Vaksin Sinovac./ugm.ac

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memulai proses vaksinasi Covid-19 yang pada tahap pertama akan dilakukan di tiga daerah prioritas yakni Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai rapat virtual persiapan vaksinasi mengatakan sesuai dengan surat dari Kementerian Kesehatan bahwa prioritas tahap pertama vaksin Sinovac ini adalah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

“Alhamdulillah, vaksinasi ini Insya Allah akan menjadi kunci untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat terhadap Covid-19 sekaligus menjadi momentum untuk menyelaraskan tujuan kesehatan dan ekonomi,” katanya, Selasa (12/1/2021).

Dia mengatakan gerakan vaksinasi untuk tenaga kesehatan ini dilakukan demi kebaikan bersama karena vaksinasi merupakan salah satu solusi yang sangat efektif dalam mengatasi pandemi.

“Vaksinasi diharapkan efektif dapat menyelamatkan nyawa, mencegah gejala Covid-19 yang berat dan mengurangi beban pelayanan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Adapun saat ini di gudang penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan Jatim terdapat 77.760 dosis. Vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi tahap pertama pada Januari ini, utamanya bagi tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19.Proses vaksinasi rencananya akan dilaksanakan di RSUD Dr. Soetomo.

Khofifah mengatakan untuk mempercepat eksekusi dan edukasi vaksinasi pada 14 Januari mendatang, Pemprov Jatim bersama dengan para dokter, tokoh agama, civitas akademika akan memberikan keteladanan langsung pada masyarakat yang akan menerima vaksin.

"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan, dalam menekan jumlah kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Termasuk juga untuk meminimalisir kematian yang disebabkan Covid-19. Kerjasama ini diperlukan agar kita bisa segera mengakhiri pandemi," imbuhnya.

Khofifah juga memastikan bahwa vaksin Sinovac ini sudah aman karena telah mendapatkan izin dari BPOM dan halal dari MUI. Dia juga tetap meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan baik selama menunggu vaksin tersebar luas.

"Saya harap penduduk Jatim bersiap untuk mendapatkan vaksinasi, Pemprov Jatim akan berusaha sebaik mungkin untuk memastikan masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper