Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

11 Daerah Jatim Lakukan Pembatasan Kegiatan, Ini Langkah Blitar

Saat ini kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 319 orang.
Peta sebaran COVID-19 di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, per Minggu (10/1/2021)./Antara-Instagram
Peta sebaran COVID-19 di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, per Minggu (10/1/2021)./Antara-Instagram

Bisnis.com, BLITAR - Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, siap melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sebagai upaya menekan kasus Covid-19 terutama di kabupaten ini yang jumlahnya cukup tinggi.

"Kami linier dengan Mendagri dan SK Gubernur Jatim. Blitar masuk daerah yang memberlakukan PPKM dan aturan persis seperti di provinsi," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Mujianto di Blitar, Minggu (11/1/2021).

Di Kabupaten Blitar, dalam menerapkan aturan itu melakukan pembatasan kegiatan perkantoran dengan menerapkan kerja dari rumah (work from home/ WFH) sebesar 75 persen dan kerja dari kantor sebesar 25 persen. Pembagiannya dilakukan setiap pimpinan instansi masing-masing.

Namun, hal ini dikecualikan bagi perangkat daerah atau unit kerja dan instansi yang melakukan pelayanan publik atau lingkup pekerjaan lapangan.

"Pelayanan publik tetap diutamakan. Jadi, masalah tempat pengaturan 75 persen itu dari jumlah kapasitas (pegawai)," ujar dia.

Untuk selanjutnya, hal serupa juga diberlakukan bagi karyawan swasta yang menerapkan kerja dari rumah 75 persen dan kerja dari kantor 25 persen.

Sedangkan bagi karyawan yang kerja dari rumah dilarang bepergian keluar rumah kecuali dalam keadaan mendesak (memenuhi kebutuhan pangan, kesehatan maupun keselamatan) dan siap dipanggil ke kantor jika ada kepentingan dinas mendadak.

Untuk sektor pendidikan digelar secara daring. Sektor perdagangan yakni perdagangan di pasar tetap dapat beroperasi sampai jam operasional dengan mengatur jarak 1 meter antarpedagang dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Untuk rumah makan, warung makan, kafe dan restoran pelayanan makan minum di tempat dibatasi paling banyak 25 persen dan untuk layanan makanan melalui pesan antar tetap diizinkan sampai jam operasional.

Usaha toko tradisional dan modern, rumah makan, warung makan, kafe, restoran termasuk perdagangan di pasar operasional dibatasi sampai jam 20.00 WIB.

Sementara itu, kegiatan masyarakat di taman, tempat wisata, gedung sarana olahraga dan sosial budaya seperti pagelaran seni, resepsi, diberhentikan sementara.

Untuk kegiatan tempat ibadah dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat dengan pembatasan kapasitas 50 persen dari kapasitas tempat ibadah.

Pemkab juga akan mengaktifkan kembali kampung tangguh di masing-masing wilayah.

Di Kabupaten Blitar, kasus Covid-19 per Minggu (10/1) mencapai 2.360 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu, 1.854 orang sudah sembuh, 319 orang masih diobservasi, dan 168 orang meninggal dunia.

Di Kabupaten Blitar, temuan kasus Covid-19 terjadi di seluruh kecamatan yang berjumlah 22 kecamatan. Kini, Kabupaten Blitar masih berwarna merah.

Warga juga tetap dianjurkan untuk waspada, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), rajin cuci tangan, menggunakan masker, dan menerapkan jaga jarak.

Untuk PPKM berlaku mulai 11-25 Januari 2021 di 11 kabupaten/kota wilayah Jawa Timur, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Blitar.

Adapun bila merujuk data Provinsi Jawa Timur, pertambahan kasus corona di Blitar sangat fluktuatif, Minggu (10/1/2021) bertambah 56 orang kasus baru, 28 orang sembuh dan 4 orang meninggal. Sabtu (9/1/2021) bertambah 28 orang positif corona, 22 orang sembuh dan 4 orang meninggal.

Jumat (8/1/2021) bertambah 59 orang positif, 26 orang sembuh dan 4 orang meninggal. Kamis (7/1/2021) bertambah 57 orang positif, 39 orang sembuh dan 1 orang meninggal. Rabu (6/1/2021) bertambah 37 orang positif, 14 orang sembuh dan 4 orang meninggal.

Selasa (5/1/2021) bertambah 27 orang positif, 7 orang sembuh dan 3 orang meninggal. Senin (4/1/2021) bertambah 21 orang positif, 25 orang sembuh dan 1 orang meninggal. Minggu (3/1/2021) bertambah 24 orang positif, 9 orang sembuh dan 9 orang meninggal.

Adapun Sabtu (2/1/2021) bertambah 55 orang positif, 40 orang sembuh dan 3 orang meninggal. Jumat (1/1/2021) bertambah 175 orang positif, 85 orang sembuh dan 14 orang meninggal.

Saat ini kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 319 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara dan Twitter
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler